Pecahkan Rekor Muri; Pelihara Garis Pantai, Polda Tanam Sejuta Mangrove

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:02 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Gubernur Ganjar Pranowo dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menanam mangrove di pesisir Desa Bedono, Sayung. (SM/Hasan Hamid)
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Gubernur Ganjar Pranowo dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menanam mangrove di pesisir Desa Bedono, Sayung. (SM/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Polda Jateng bersama 16 Polres jajaran serentak menanam sejuta bibit mangrove di wilayah pesisir Jawa Tengah, Selasa (12/10).

Dari 16 Polres, masing-masing menanam 50 ribu sampai 70 ribu pohon mangrove.

Kegiatan bertema "Polda Jateng Mageri Segara" tersebut bertujuan memelihara dan menjaga garis pantai dari amukan abrasi, sekaligus untuk mengembalikan ekosistem.

"Kami berharap warga Demak dan masyarakat pesisir untuk aktif menjaga dan merawat mangrove yang telah ditanam di pesisir Demak ini," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menanam mangrove yang dipusatkan di pesisir pantai Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak.

Baca Juga: Peserta PON XX yang Terpapar COVID-19 Dipastikan Sembuh Sebelum Pulang

Turut melakukan penanaman, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Bupati Demak Hj Eisti'anah, Kapolres AKBP Budi Adhy Buono, Forkompimda Kabupaten Demak serta sejumlah komunitas.

Kapolda mengatakan, mageri segara bukan berarti nguyahi segara, tetapi untuk membuat pagar hidup berupa tanaman mangrove.

Penanaman dilakukan di daerah sepanjang garis pantai Jateng dan muara sungai yang bersentuhan langsung dengan pantai.

Menurutnya yang terpenting dari kegiatan penanam mangrove adalah efek treager atau pemantik terhadap kesadaran masyarakat pesisir untuk memelihara lingkungan sekitar.

Mereka harus menyadari pentingnya memelihara lingkungan dan ekosistemnya agar kampung halaman tidak tergerus oleh abrasi.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Bupati Eisti'anah Apresiasi Donor Darah FKUB Demak

Senin, 6 Desember 2021 | 09:24 WIB

Pemkab Demak Dorong Pertumbuhan Kampung Ternak

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:12 WIB
X