Modal Sosial Ibu-ibu PKK Diperkuat untuk Hadapi Pandemi Covid-19

- Senin, 11 Oktober 2021 | 07:45 WIB
Kegiatan penguatan modal sosial ibu-ibu PKK di RT 01 RW 01 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang. (suaramerdeka.com / dok)
Kegiatan penguatan modal sosial ibu-ibu PKK di RT 01 RW 01 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Departemen Hubungan Internasional (HI) FISIP Universitas Diponegoro memberikan bimbingan penguatan modal sosial kepada ibu-ibu penggerak PKK, khususnya dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Kegiatan penguatan modal sosial ibu-ibu PKK berlangsung baru-baru ini di RT 01 RW 01 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Ibu-ibu penggerak PKK dipilih karena sebagai garda terdepan dalam organisasi kemasyarakatan bagi kesejahteraan keluarga di Indonesia.

Khususnya pada saat masyarakat sedang menghadapi ganasnya pandemi Covid-19.

Baca Juga: PKS Sidomukti Dorong Ibu-ibu Manfaatkan Pekarangan untuk Menanam

Ketua Tim Abdimas Dr Dra Rr Hermini Susiatiningsih MSi mengatakan, modal sosial cukup penting untuk dikuatkan karena perlunya dukungan mental bagi masyarakat yang terdampak.

“Nilai-nilai modal sosial ini penting untuk dikuatkan dan dihidupkan Kembali. Modal sosial terletak pada relasi sosial yang abstrak dan dinamis, sehingga menjadi tak kasat mata, namun sangat penting untuk dipelihara keberadaannya,” katanya.

Tidak hanya saat menghadapi suatu bencana atau permasalahan.

Namun hendaknya dijadikan suatu habitat atau kebiasaan dalam bermasyarakat.

Baca Juga: Kejujuran dalam Berkarya Adalah Segalanya bagi Komposer

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X