Sinergi Tanggulangi Bencana, Polres Grobogan, Kodim dan BPBD Gelar Latihan Bersama

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 22:36 WIB
Tim SAR gabungan Polres Grobogan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kodim 0717/Grobogan menggelar simulasi penyelamatan orang tenggelam Sungai Serang, belum lama ini. (SM/Moh Khabib Zamzami)
Tim SAR gabungan Polres Grobogan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kodim 0717/Grobogan menggelar simulasi penyelamatan orang tenggelam Sungai Serang, belum lama ini. (SM/Moh Khabib Zamzami)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Sebanyak 62 peserta yang terdiri dari 30 personel SAR BPBD, 20 personel SAR Polres Grobogan dan 12 personel TNI/Kodim 0717 Purwodadi mengikuti simulasi Peragaan, Pelatihan, dan Penanggulangan Bencana Banjir di Sungai Serang, belum lama ini. Mereka berlatih menyusuri Sungai Serang hingga Bendung Klambu.

Latihan gabungan yang digelar rutin oleh Tim SAR Polres Grobogan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kodim 0717/Grobogan itu dalam rangka menghadapi musim hujan.

Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi melalui Kasat Samapta AKO Haryono, menjelaskan, latihan gabungan ini guna mengembangkan kemampuan para personel siap ketika diterjunkan di daerah rawan bencana.

Baca Juga: Lestarikan Kebudayaan, Keraton Surakarta Beri Ganjaran Pangkat

"Dalam latihan ini, para peserta memperagakan bagaimana tim SAR memberikan pertolongan bagi warga yang tenggelam dan terjebak dalam genangan air, serta Snapling," jelas AKP Haryono.

Latihan tersebut diawali dengan mempersiapkan perahu karet sebagai salah satu sarana paling penting dalam penanganan bencana banjir maupun pertolongan orang tenggelam di sungai. Setelah perahu karet siap, para peserta menggunakan pelampung berwarna oranye yang dikenakan seperti rompi.

Setelah semuanya siap, peserta langsung turun ke lokasi. Di bibir sungai, peserta bersiap masuk ke dalam perahu karet tersebut dan menyisir setiap kelokan sungai guna melatih kemampuan mendayung para peserta. Dalam latihan ini, juga diadakan simulasi penanganan korban banjir maupun pertolongan orang tenggelam.

Baca Juga: PJJ Terlalu Lama, Dr Bunyamin: Akan Banyak Siswa Putus Sekolah

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, kegiatan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan serta mewujudkan sinergi dalam penanganan bencana.

"Latihan ini rutin kami lakukan dengan Polres dan Kodim untuk tingkatkan kemampuan dalam hadapi bencana serta untuk wujudkan sinergi dalam setiap penanganan bencana," kata Endang Sulistyoningsih.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Muslimat dan Fatayat Dilatih Pemulasaraan Jenazah

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:25 WIB

Pemkab Grobogan Bakal Perketat Pengawasan Orang Asing

Jumat, 24 September 2021 | 20:29 WIB
X