Unik Pemberkatan Satwa Digelar Secara Drive Thru

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 22:25 WIB
Pastor Kepala Paroki St Theresia Rm Eduardus Didik Chahyono SJ memberi berkat kepada flora dan fauna dengan memerciki air secara drive thru. (SM/Simon Dodit)
Pastor Kepala Paroki St Theresia Rm Eduardus Didik Chahyono SJ memberi berkat kepada flora dan fauna dengan memerciki air secara drive thru. (SM/Simon Dodit)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah mobil dan motor antre memasuki halaman SD Kanisius Kurmosari, Semarang, Minggu (10/10). Mereka tidak untuk mengantar anak sekolah.

Namun untuk mengikuti acara yang sangat unik. Yaitu pemberkatan Flora dan Fauna secara Drive Thru oleh Pastor yang digelar dalam rangka HUT Ke-53 Paroki St Theresia Bongsari.

Satu persatu mobil dan motor yang di dalamnya membawa flora dan fauna bergiliran menuju tempat pemberkatan.

Para penumpang ada yang membawa anjing, kucing, burung dan tanaman miliknya untuk diberkati secara bergiliran tetap di mobil atau motornya.

Baca Juga: Lestarikan Kebudayaan, Keraton Surakarta Beri Ganjaran Pangkat

''Pemberkatan hewan dan tumbuhan mendapat tempat dalam tradisi Gereja Katolik untuk mengingatkan tugas menjaga dan melestarikan keutuhan ciptaan Tuhan, '' kata Pastor Kepala Paroki St Theresia Rm Eduardus Didik Chahyono SJ sebelum upacara pemberkatan flora dan fauna.

Ditambahkan Romo Didik, melalui pemberkatan ini, umat diajak belajar menghayati semangat Santo Fransiskus dari Asisi Italia, Orang Kudus Katolik. Santo Fransiskus Asisi memiliki kedekatan relasi dengan hewan dan tumbuhan. Santo Fransiskus memanggil mereka dengan istilah saudara dan saudari.

Selain itu, katanya, Pandemi Covid- 19 ini mengajarkan kita untuk lebih memperhatikan keadaan dan kebersihan alam semesta.

"Kita diundang memperlakukan hewan dan tumbuhan secara tepat agar keseimbangan alam semesta ini berlangsung harmonis dan nyaman untuk kita tinggali bersama."

Baca Juga: Anggota DPR Komisi II Minta Pemerintah Tinjau Ulang Pemilu 15 Mei 2024, Ada Apa?

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Beraksi di 16 Minimarket, Pelaku Ditangkap

Jumat, 28 Januari 2022 | 23:17 WIB
X