Lestarikan Kebudayaan, Keraton Surakarta Beri Ganjaran Pangkat

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 22:21 WIB
GKR Koes Moertiyah Wandansari, saat melakukan pelantikan dan pemberian ganjaran pangkat kepada warga di Hotel Front One, Purwodadi, kemarin. (sm/dok)
GKR Koes Moertiyah Wandansari, saat melakukan pelantikan dan pemberian ganjaran pangkat kepada warga di Hotel Front One, Purwodadi, kemarin. (sm/dok)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Sebanyak 25 warga Grobogan dilantik dalam acara Tatacara Tetepan saha Paringdalem Ganjaran Pangkat Abdi Dalem Keraton Surakarta di Hotel Purwodadi kemarin.

Pelantikan tersebut bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Paguyuban Kawulo Keraton Surakarta (Pakasa)

Ketua Lembaga Dewan Adat Jeraton Surakarta Hadiningrat, Dra GKR Koes Moertiyah Wandansari atau akrab disapa Gusti Moeng mengatakan, pelaksanaa pelantikan kepungurusan Paguyuban Kawulo Keraton Surakarta yang berada di Kabupaten Grobogan itu untuk menyegarkan pengurus.

Baca Juga: Bunga Pepaya Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan, Apa Saja?

Lantaran kepengurusan yang lama memasuki usia tua atau lanjut, sehingga perlu dilakukan penyegaran.

"Dulu pernah ada tapi lama vakum dan pengurusnya sudah tua-tua banyak meninggal. Sebab itu kami mengangkat yang muda-muda," ujarnya kemarin.

Dijelaskan, paguyuban ini dari dasarnya itu untuk pelestarian kebudayaan Jawa yang pasti khususnya yang dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Dalam kesempatan tersebut Gusti Moeng melantik kepengurusan yang ada di Kabupaten Grobogan setidaknya terdapat 25 orang. Selain itu, Gusti Moeng juga memberikan gelar keraton (ganjaran sesebutan).

Mereka diberi gelar atau sesebutan Mas Lurah (ML), Mas Ngabehi Mantri (MNg), Mas Ngabehi Panewu, Raden Tumenggung (RT), Kanjeng Radne Tumenggung (KRT) hingga Kanjeng Raden Arya Tumenggung (KRAT).

Baca Juga: Praktik Berbahasa Inggris Aktif, ESC MAN 1 Kebumen Goes to KWIK

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Muslimat dan Fatayat Dilatih Pemulasaraan Jenazah

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:25 WIB

Pemkab Grobogan Bakal Perketat Pengawasan Orang Asing

Jumat, 24 September 2021 | 20:29 WIB
X