Pelayanan Publik Kota Semarang, Dosen Undip Wijayanto: Butuh Memanusiakan Manusia

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 18:32 WIB
DISKUSI : Wakil Dekan FISIP Undip Teguh Yuwono dan tim dosen menggelar diskusi, baru-baru ini bersama perangkat Kelurahan Rowosari Tembalang Kota Semarang. (Suaramerdeka.com dok)
DISKUSI : Wakil Dekan FISIP Undip Teguh Yuwono dan tim dosen menggelar diskusi, baru-baru ini bersama perangkat Kelurahan Rowosari Tembalang Kota Semarang. (Suaramerdeka.com dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com Sistem tata kelola pelayanan publik bergerak ke arah pemanfaatan teknologi digital. Kondisi ini berimbas pada pelayanan yang diberikan semakin cepat dan memuaskan.

“Namun prinsipnya tata kelola pelayanan publik itu butuh memanusiakan manusia. Saya yakin hal ini bisa diwujudkan di Indonesia termasuk di Kota Semarang,” kata Dosen FISIP Undip Wijayanto PhD di Kantor Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang.

Dia bersama Wakil Dekan I FISIP Undip, Dr Teguh Yuwono, dan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan (DPIP) FISIP Dhunuwanus Ghulam Manar MSi, bertemu perangkat kelurahan Jumat 8 Oktober 2021. Digelar diskusi membahas perlunya penerapan inovasi di era digital.

Baca Juga: Argo Yuwono: Penanganan Dugaan Pemerkosaan Anak di Luwu Timur Sesuai Prosedur dan Transparan

Peraih gelar doktor dari Belanda itu menambahkan arah pelayanan publik terintegrasi kemajuan teknologi modern alias berkonsep cerdas.

Kendati demikian sistem ini tak melulu bermuara kecanggihan fasilitas melainkan pada semangat pelayanan yang memberikan kemudahan.

Wijayanto menyinggung pengalamannya bermukim di Amerika Serikat dan Belanda. Di mana masyarakat di negara itu menerima pelayanan begitu baik. 

Baca Juga: Yuk Ladies! Cari Tahu Jenis Kain Hijab yang Nyaman dan Adem untuk Aktivitasmu

Kendati demikian inovasi tidak harus sesuatu yang besar, maju, dan modern, tapi yang jauh lebih utama, secara filosofis mampu berkontribusi memperbaiki keadaan menjadi lebih baik.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB
X