Tak Perlu Berkerumun, Transaksi Jual Beli di Pasar Bulu Semarang Kini Bisa Daring

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 16:30 WIB
Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu saat peluncuran pasar digitalisasi di Pasar Bulu. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu saat peluncuran pasar digitalisasi di Pasar Bulu. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)


SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Kota Semarang bersama BRI mendukung digitalisasi pembayaran, khususnya pada UMKM pedagang pasar tradisional di Pasar Bulu Kota Semarang.

Melalui Pasar.id merupakan salah satu terobosan baru dari Bank BRI dalam digitalisasi perdagangan pasar tradisional, yakni dengan memfasilitasi seluruh pedagang pasar di Indonesia untuk melakukan aktivitas jual beli secara daring.

Pimpinan Wilayah BRI Semarang, Wahyu Sulistiyono mengatakan Bank BRI terus mendorong para pedagang pasar tradisional untuk beradaptasi dengan kenormalan baru yang tengah diterapkan oleh pemerintah saat ini.

Baca Juga: Teknologi Tak Bisa Gantikan Peran Pendidik, Wamenag: Ada Nilai, Kerjasama dan Kompetensi

Adaptasi ini salah satunya adalah melalui transaksi perdagangan secara virtual dengan para pembeli melalui saluran platform daring, yakni Pasar.id.

"Total ada 367 pasar di wilayah kanwil BRI Semarang meliputi 15 ribu pedagang yang sudah digitalisasi. Dengan new normal masyarakat yang tidak ingin berkerumun bisa memanfaatkan teknologi belanja dari rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya saat peluncuran pasar digitalisasi di Pasar Bulu.

Menurutnya kendala digitalisasi di beberapa pasar menggunakan pasar.id adalah masalah kurir. Wahyu mengakui di Pasar Bulu Semarang ini mempunyai organisasi yang sangat baik mulai dari ojol dan kurirnya.

Baca Juga: Targetkan 2024 Tidak Ada Lagi Kemiskinan Ekstrem di Indonesia, Wapres Beberkan 2 Pendekatan

"367 pasar ini sudah digitalisasi semua tapi memang tidak selengkap Pasar Bulu ini," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB

Baznas Wisuda 32 Sarjana Penerima Beasiswa Produktif

Senin, 29 November 2021 | 23:25 WIB

Dinkes Kota Semarang Juara 1 IT Kesehatan

Senin, 29 November 2021 | 21:56 WIB

Buruh Jateng Kembali Demo, Tolak UMP 2022

Senin, 29 November 2021 | 20:07 WIB

DAS Rawan Banjir di Kota Semarang Terpantau Masih Aman

Senin, 29 November 2021 | 13:43 WIB
X