Musrenbang Penentu 50 Persen Keberhasilan Pembangunan Daerah

- Rabu, 29 September 2021 | 19:34 WIB
Bupati Demak Hj Eisti'anah membuka musrenbang RPJMD 2021-2026 di Pendapa Kabupaten, kemarin. (SM/Hasan Hamid)
Bupati Demak Hj Eisti'anah membuka musrenbang RPJMD 2021-2026 di Pendapa Kabupaten, kemarin. (SM/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Program pembangunan suatu daerah tidak akan mendapat hasil maksimal jika tidak diawali perencanaan yang matang.

Bahkan, perencanaan memiliki porsi 50% dalam menyokong keberhasilan pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Demak Hj Eisti'anah saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Demak Tahun 2021-2026 di Pendapa Kabupaten, kemarin.

Kegiatan yang dihadiri Ketua DPRD Demak HS Fahrudin Bisri Slamet, Forkopimda, Sekda Singgih Setyono, Para Asisten Sekda, dan pimpinan OPD tersebut juga melibatkan seluruh stakeholders dari unsur pemerintahan desa, hingga tokoh agama, ormas, LSM, komunitas maupun organisasi profesi.

Baca Juga: Patra Jasa Ingin Penyandang Disabilitas Tetap Produktif

Bupati mengatakan, mengingat peran pentingnya perencanaan, maka ia meminta seluruh peserta Musrenbang RPJMD untuk fokus mencurahkan waktu dan pikirannya dalam membuat perencanaan dan membahas program strategis, menyempurnakan draf RPJMD demi tercapainya pembangunan Kabupaten Demak.

"Musrenbang ini memiliki bobot 50% dalam mendukung keberhasilan pembangunan, selebihnya terletak pada pelaksanaan dan pengawasan," katanya.

Eisti'anah menambahkan, pelibatan semua pemangku kepentingan dalam perencanaan pembangunan daerah sebagai bukti keinginan pemerintah untuk mengajak mereka berperan aktif dan bersama-sama demi mewujudkan Demak yang Bermartabat, Maju dan Sejahtera.

Sebab, melalui melalui musyawarah dapat menyatukan dan menyalurkan pendapat masing-masing pemangku kepentingan, baik unsur DPRD, TNI, POLRI, Kejaksaan, akademisi,

LSM/Ormas, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi, kabupaten/ kota, pemerintahan desa, dan kelurahan serta keterwakilan perempuan dan kelompok-kelompok masyarakat.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Pemkab Demak Dorong Pertumbuhan Kampung Ternak

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:12 WIB
X