Polri jadi Sahabat Digital Bagi Masyarakat, Kapolda: Harus Cerdas dan Kreatif Ciptakan Trending Isu

- Selasa, 28 September 2021 | 15:57 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat membuka  seminar Optimalisasi Peran Polri sebagai sahabat digital warga Jawa Tengah yang diinisiasi oleh Bidhumas Polda Jateng di The Wujil Resort and Convention Hotel, Selasa, 28 September 2021. (suaramerdeka.com/Humas Polda Jateng)
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat membuka seminar Optimalisasi Peran Polri sebagai sahabat digital warga Jawa Tengah yang diinisiasi oleh Bidhumas Polda Jateng di The Wujil Resort and Convention Hotel, Selasa, 28 September 2021. (suaramerdeka.com/Humas Polda Jateng)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan peran Polri sebagai sahabat digital sangatlah penting.

Menurutnya Polri harus membuka ruang publik serta memberikan informasi positif pada masyarakat di tengah derasnya arus ujaran kebencian, informasi palsu dan muatan negatif lainnya.

Hal itu disampaikan saat membuka seminar Optimalisasi Peran Polri sebagai sahabat digital warga Jawa Tengah yang diinisiasi oleh Bidhumas Polda Jateng yang dihadir 16 pejabat utama Polda, anggota reskrim, dan sejumlah pimpinan redaksi serta wartawan di The Wujil Resort and Convention Hotel, Selasa, 28 September 2021.

"Anggota harus cerdas dan kreatif menciptakan trending issue di masyarakat. Untuk itu, perlu kejelian melihat tren yang berkembang serta membangun berbagai cara agar komunikasi dengan masyarakat bisa terbangun," kata Kapolda.

Baca Juga: Pecinta Seni, RM BTS Sering Habiskan Waktu Luangnya untuk Pergi ke Museum

Kapolda menambahkan Polri mempunyai tanggung jawab besar untuk melindungi masyarakat di era digital saat ini.

Konten negatif yang berkembang di dunia maya harus di counter dengan muatan yang mendidik dan informatif.

Saat ini, lanjut Kapolda, fenomena tindak pidana yang patut diwaspadai saat ini adalah kejahatan cyber dimana kasus di dunia maya antara korban dan pelaku tidak pernah bertemu.

Kompol Rosyid Hartanto, Kasubdit Cyber Ditreskrimsus Polda Jateng mengatakan disinformasi digital di masyarakat menjadikannya celah oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sungai Jebol, Mangkang Wetan Dilanda Banjir

Senin, 17 Januari 2022 | 19:20 WIB
X