Gerakan Kemanusiaan, Klaster Lunpia Semarang Gelar Donor Darah

- Senin, 27 September 2021 | 19:11 WIB
Petugas dari PMI Kota Semarang mengambil darah pendonor dalam gerakan kemanuasian donor darah yang diinisiasi UMKM Kuliner Klaster Lunpia Semarang, di GIK Kota Lama Semarang, Senin (27/9). (SM/Slamet Daryono)
Petugas dari PMI Kota Semarang mengambil darah pendonor dalam gerakan kemanuasian donor darah yang diinisiasi UMKM Kuliner Klaster Lunpia Semarang, di GIK Kota Lama Semarang, Senin (27/9). (SM/Slamet Daryono)

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Untuk membantu Palang Merah Indonesis (PMI) dalam persediakan stok darah, pengusaha UMKM kuliner Klaster Lunpia Semarang menggelar gerakan kemanusian donor darah di halaman Galeri Industri Kreatif (GIK) Kota Lama, Senin (27/9).

Sebelum diambil darahnya, calon pendonor melakukan screening terlebih dahulu untuk mengetahui kondisinya apakah memenuhi syarat atau tidak.

Dari jumlah 35 calon yang ditargetkan, hanya ada 13 orang yang lolos dan berhasil diambil darahnya oleh tim dari PMI Kota Semarang di dalam mobil unit transfusi darah.

Baca Juga: Musim Hujan, Wagub Jabar Ingatkan Masyarakat: Berkah Hujan Jangan Jadi Bencana

“Kegiatan donor darah ini, murni gerakan kemanusiaan yang rutin kita agendakan setiap dua bulan sekali. Donor darah pertama dilaksanakan dua bulan lalu di Pasar Bulu yang berjalan dengan baik.

Untuk yang kedua ini kami adakan di Kawasan Kota Lama, karena di sini banyak temen UMKM baik dari kuliner maupun klaster lain yang berminat donor darah,” kata Ketua Klaster Lunpia Semarang Hendro Gunawan, di lokasi acara.

Ia berharap, kegiatan kemanusiaan tersebut dapat memberi contoh bagi sembilan kluster lain di Kota Semarang untuk mengadakan kegiatan sosial. Karena kegiatan kemanusiaan semacam itu, akan bermanfaat bagi warga yang membutuhkan khususnya masyarakat Kota Semarang.

“Tujuan dan harapan kami tidak sekadar berproduksi, berjualan, dan mencari keuntungan semata, tapi kami juga ada gerakan kemanusiaan untuk membantu PMI dalam memenuhi stok darah, serta demi kesehatan warga Semarang,” katanya.

Untuk kegiatan donor selanjutnya, menurut Hendro, pihaknya sedang mempersiapkannya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

DLH Kota Semarang Tetapkan 15 Sekolah Adiwiyata 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:51 WIB
X