Bupati Demak Ajak Warga Nguri-uri Kesenian Khas Daerah

- Senin, 27 September 2021 | 17:37 WIB
Bupati Demak Hj Eisti'anah menyerahkan hadiah kepada juara satu lomba rebana yang digelar Dinas Pariwisata Demak, kemarin. (suaramerdeka.com/dok)
Bupati Demak Hj Eisti'anah menyerahkan hadiah kepada juara satu lomba rebana yang digelar Dinas Pariwisata Demak, kemarin. (suaramerdeka.com/dok)

DEMAK, suaramerdeka.com - Meski hampir dua tahun tanpa kegiatan massal, namun bukan menjadi halangan untuk tetap nguri-uri kesenian khas daerah. Terlebih terhadap kesenian yang bernuansa syiar Islam.

Hal tersebut disampaikan Bupati Demak Hj Eisti'anah saat membuka Lomba Rebana dalam rangka Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Cukai yang digelar Dinas Pariwisata di Tembiring Jogo Indah, Senin, 27 September 2021.

Bupati mengatakan, rebana merupakan salah satu kesenian khas bernuansa islami yang sarat dengan nilai syiar dan membawa pesan ajaran hidup serta budi pekerti khas masyarakat Jawa Islam.

Kesenian tersebut sesuai dengan karakter Kabupaten Demak yang islami. Namun, sekarang ini kesenian rebana mulai tergusur oleh budaya baru yang datang seiring dengan perkembangan zaman.

Baca Juga: Menag: Moderasi Beragama Jadikan Manusia Damai Berdampingan

"Untuk itu menjadi tugas kita bersama dalam menjaga kelestariannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan ruang berekspresi dan mendapatkan apresiasi, seperti lomba rebana kali ini," kata bupati.

Dia berharap melalui lomba rebana selain dapat mengenalkan dan menarik minat generasi muda untuk belajar dan menekuni kesenian tradisional, juga untuk menjaga kelestariannya.

Dikatakan lebih lanjut, sejarah perkembangan syiar agama Islam yang dilakukan walisongo, tak lepas dari unsur-unsur kesenian yang menyertai.

Karena pada dasarnya, seni adalah bahasa universal atau umum yang mudah dipahami dan dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: Purnawirawan Polisi Jadi Manusia Silver Dijanjikan Pekerjaan

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Bupati Demak Ajak Warga Nguri-uri Kesenian Khas Daerah

Senin, 27 September 2021 | 17:37 WIB
X