Peringati Hari Rabies Sedunia, PDHI Jateng I Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

- Minggu, 26 September 2021 | 19:39 WIB
Foto: suaramerdeka.com /Cun Cahya.
Foto: suaramerdeka.com /Cun Cahya.

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam rangka memperingati hari Rabies Sedunia, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jateng I, mengadakan vaksinasi rabies gratis, di Balaikota Semarang, Minggu, 26 September.

Dalam vaksinasi rabies tersebut disiapkan 1.650 dosis dan ada sekitar 252 hewan yang terdiri dari anjing dan kucing yang sudah terdaftar untuk disuntikkan vaksin Rabies.

Selain di Balai Kota Semarang, vaksinasi gratis ini juga dilakukan di tempat klinik hewan yang ada di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Demak, Kendal dan Grobogan.

Baca Juga: 216 Peserta Berlaga di Kejuaraan Renang Dulongmas Bupati Cup 2

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jateng I, Drh Theresia Anna Ekawati menjelaskan kegiatan ini dalam rangka membantu pemerintah dalam pencegahan rabies terhadap hewan yang ada di Jawa Tengah ini.

"Untuk itu, kami menggelar acara ini, guna mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran dan penularan Rabies terhadap hewan peliharaan. Rabies termasuk penyakit Zoonosis, yaitu penyakit hewan yang bisa menular ke manusia" kata Drh. Theresia Anna Ekawati.

Drh FDH Priyono Teguh W SH, Ketua Komisi V PDHI Jateng I sekaligus Ketua Panitia vaksinasi rabies gratis menambahkan vaksinasi ini dilakukan secara drive thru.

Baca Juga: Mahasiswa Baru Fakultas Pertanian Unisri Diajak Lebih Aktif dan Kreatif

Sebelumnya, pemilik hewan yang akan melakukan vaksinasi mendaftar secara online mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19 dan jadwalnya pun diatur menjadi tiga sesi agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Mereka yang memiliki hewan dan akan dilakukan penyuntikkan hewan, wajib melakukan scan barcode Dan mengisi g-form di lokasi Balai kota Semarang," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X