Karang Taruna Kamajaya Tanam Bibit Mangrove dan Promosi Wisata Susur Sungai

- Minggu, 26 September 2021 | 14:29 WIB
Sejumlah anggota Karang Taruna Kamajaya menanam bibit mangrove di tambak pantai utara Kabupaten Kendal Minggu (26/9/2021). (suaramerdeka.com/dok)
Sejumlah anggota Karang Taruna Kamajaya menanam bibit mangrove di tambak pantai utara Kabupaten Kendal Minggu (26/9/2021). (suaramerdeka.com/dok)

KENDAL, suaramerdeka.com - Ancaman abrasi pantai yang semakin tinggi di areal tambak sepanjang pantai Kendal mengancam mata pencaharian penduduk yg berprofesi sebagai nelayan dan petambak, di samping menimbulkan kerusakan ekosistem pantai.

Rusaknya habitat pohon bakau/mangrove mengakibatkan hasil tangkapan nelayan menurun drastis dan kerusakan tanggul tambak akibat abrasi yg terus terjadi.

Nah, menyikapi hal itu, Karang Taruna Kamajaya berinisiatif melakukan penanaman bibit mangrove di lahan kritis dan tanggul sepanjang aliran Sungai Kalirejo sampai muara sungai, Minggu, 26 September 2021.

Baca Juga: Sasar Bank Sampah Mawar, LPPM Unnes Dorong Produksi dan Komersialisasi Kerajinan Tangan

Menurut Ketua Karang Taruna Kamajaya Nur Kholis, kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari lahir Karang Taruna ke 61 dalam pelestarian dan penyelamatan lingkungan pantai.

Kegiatan sejenis telah sering dilakukan oleh Karang Taruna Kamajaya. Namun kali ini kegiatan penanaman bibit mangrove tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi wisata susur sungai dan wisata hutan mangrove yang dikelola karang taruna.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki berkesempatan meninjau pengembangan wisata hutan mangrove itu.

Baca Juga: 7 Orang-orang yang Pahalanya Masih Mengalir Meski Sudah Wafat

Menurut dia, pemberdayaan potensi alam untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan bagian dari visi misi kepemimpinan Pasangan Dico-Basuki.

Pemerintah Kabupaten Kendal selalu mendorong dan menfasilitasi agar terwujud kemandirian ekonomi masyarakat Kendal.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

RSI Kendal Bantu Sembako untuk Penanganan Stunting

Selasa, 11 Januari 2022 | 22:18 WIB

Kendal Fokus Pembangunan Empat Pilar

Minggu, 9 Januari 2022 | 23:31 WIB

Ini Penyebab Banjir di Kendal, 22 Pintu Air Rusak

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:51 WIB
X