Kecelakaan Lalu Lintas Korban Paling Tinggi Adalah Generasi Muda

- Jumat, 24 September 2021 | 20:47 WIB
Profil kecelakaan berdasarkan usia (Korlantas Polri /2021)
Profil kecelakaan berdasarkan usia (Korlantas Polri /2021)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kecelakaan lalu lintas sudah menjadi salah satu aspek terkemuka di dunia.

Korbannya paling tinggi generasi muda yang akhirnya mempengaruhi produktivitas individu terhadap bangsa.

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat mengatakan menurut data, usia korban yang terlibat kecelakaan lalu lintas tertinggi pada kelompok pelajar, mahasiswa dan pekerja muda, yakni sebesar 56.187 jiwa (43,06 persen).

Baca Juga: PTM di Kota Semarang, Lima Siswa dan Dua Guru Terpapar Covid-19

Lalu pengguna sepeda motor paling sering terlibat kecelakaan lalu lintas, selama tahun 2016-2020 adalah sepeda motor (74,54 persen).

Di Indonesia setiap 1 jam ada 2 sampai 3 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas.

"Generasi muda adalah aset bangsa yang harus dilindungi. Di negara modern, sumber daya manusia selalu diprioritaskan karena mereka adalah generasi sukses yang akan membuka dan mampu meningkatkan citra bangsa.

Keselamatan harus menjadi kebiasaan dan budaya yang diminta sejak usia dini. Pendidikan dapat bertindak sebagai pembuka hati.

Melalui pendidikan kesadaran, sensitifitas, keperawatan, dan tanggung jawab keselamatan harus dibuat dalam aksi nyata yang dapat dibanggakan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 24 September 2021.

Melihat prosentase kecelakaan lalu lintas pada kaum muda, Djoko berharap pemerintah harus fokus memperhatikan cara-cara menguranginya di kalangan kelompok usia poduktif ini.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X