Bersih-Bersih Pantai dari Sampah, Yayasan Karya Sosial Rahardja Peduli Lingkungan

- Jumat, 24 September 2021 | 20:37 WIB
Para pegawai yang tergabung dalam Kekancan Grup, saat membersihkan sampah-sampah yang berserakan di Pantai Tirang, Tugurejo, Tugu, Jumat (24/9). (SM/Muhammad Arif Prayoga)
Para pegawai yang tergabung dalam Kekancan Grup, saat membersihkan sampah-sampah yang berserakan di Pantai Tirang, Tugurejo, Tugu, Jumat (24/9). (SM/Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Tirang ditunjukkan oleh Yayasan Karya Sosial Rahardja.

Aksi sosial tersebut merupakan bagian dari usaha kepedulian yayasan, yang selama ini memang lebih dikenal bergerak dalam bidang lingkungan hidup.

Salah satunya, dalam waktu setahun belakangan para karyawan Kekancan Grup sering melakukan penyetoran sampah kepada bank sampah di Kota Semarang.

Baca Juga: Aniaya Teman Karaoke, 2 Pelaku Ditangkap

''Kami justru banyak menemukan sampah berupa kain dan semacam selimut, dibandingkan jenis sampah-sampah lainnya. Kemungkinan terbawa arus laut dan hanyut hingga Pantai Tirang.

Sementara untuk sampah plastik malah justru jarang ditemukan. Bisa jadi karena keaktifan pemuda setempat dalam pembersihan sampah di pantai, melalui grup Siaga Bhakti,'' ujar Ketua Yayasan Karya Sosial Rahardja, Maria Carizza, ditemui usai aksi bersih-bersih sampah di Pantai Tirang, Jumat (24/9).

Dipilihnya Pantai Tirang, kata dia, karena tergolong merupakan lokasi wisata pantai yang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas di Kota Semarang.

Lokasinya masih tergolong alami dan para pemuda setempat tergolong giat dalam menjaga kelestarian lingkungan di Pantai Tirang.

''Kami sebenarnya juga ditawarkan untuk sekaligus melakukan aksi penghijauan di area Pantai Tirang, oleh pemuda setempat. Namun untuk sementara ini, kami melakukan kegiatannya untuk aksi bersih-bersih sampah dulu. Mungkin satu atau dua bulan kemudian, baru untuk kegiatan penghijauan pantai, terutama di sekitar pintu masuk menuju Pantai Tirang,'' ungkap Maria.

Baca Juga: Tumbuhkan Wirausaha Baru, Trubus Budayakan Gerakan Urban Farming

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X