Hendi Dorong Inovasi Peningkatan Layanan Kesehatan untuk Lansia

- Selasa, 21 September 2021 | 20:08 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat membuka Layanan Kesehatan Lansia Puskesmas dan Klinik Pratama di Klinik Graha Syifa Gunungpati, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat membuka Layanan Kesehatan Lansia Puskesmas dan Klinik Pratama di Klinik Graha Syifa Gunungpati, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Penduduk lanjut usia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup para lansia.

Namun, di sisi lain dengan bertambahnya jumlah penduduk lansia, fokus pelayanan kesehatan pada kelompok lansia juga diharapkan meningkat, mengingat lansia masuk dalam kelompok rentan.

Sebuah inovasi pun hadir di Kota Semarang bernama model circuit station, dimana pada lansia di Kota Semarang akan dilakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Akselerasi Vaksinasi dan Digitalisasi Bagi Pedagang Pasar

Adapun sistem yang diterapkan dalam Circuit Station merupakan bentuk modifikasi dari program BPJS Kesehatan yang sudah banyak dikenal masyarakat, yaitu Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis).

Secara detail pada lansia dilakukan skrining untuk mendeteksi penyakit lanjut usia atau kronis.

Apabila terdapat lansia yang terdeteksi suatu penyakit, maka akan segera dilakukan sistem rujukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Efek Pandemi, Program Wakaf Rumah Zakat Sasar 10 Ribu UMKM

Sasaran dari kegiatan ini ialah lansia yang mempunyai penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus.

Terkait program itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sendiri mengapresiasi inovasi yang diinisiasi oleh tim Pengabdian Masyarakat Lanjut Usia Universitas Diponegoro tersebut.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

X