Infeksi Protozoa Sering Tak Disadari Pemilik Hewan Kesayangan

Red
- Selasa, 25 Februari 2020 | 14:00 WIB
Ilustrasi istimewa
Ilustrasi istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para pemilik hewan kesayangan khususnya anjing, sering tidak menyadari piaraannya terserang parasit darah. Timbulnya parasit, menurut drh Lely Anggriani N, Kepala Operasional Animal Center drh Nugroho Semarang, akibat anjing memiliki banyak kutu, karena kutu merupakan vektor atau perantara dari gigitan kutu.

"Tindakan sederhananya adalah mengecek suhu anjing, melihat selaput mata dan gusi apakah pucat dan memeriksa darahnya," kata Lely Anggriani dalam sesi Bintang Hewan Sehat, Selasa (25/2).

Parasit darah merupakan infeksi protozoa yang menyerang sel darah merah. Bahayanya bisa membuat hewan lesu, pucat atau anemia, tidak nafsu makan dan apabila sudah parah bisa mengakibatkan kematian.

"Antisipasinya adalah membersihkan lingkungan dan kandang hewan piaraan khususnya anjing yang sudah terkontaminasi kutu menjadi keharusan dilakukan oleh pemilik hewan kesayangan. Hal itu untuk mengindari penyakit parfasit darah pada anjing," lanjut dokter hewan lulusan Universitas Udayana Denpasar Bali ini.
 
Karena sering tidak disadari oleh pemiliknya itulah, sehingga baru membawa hewannya ke klinik ketika kondisinya mengalami pucat, lesu karena anemia.

 

Editor: Maya

Tags

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB
X