SMAN 1 Kragan dan Karangharjo Juara Umum MTQ 2020

Andika
- Jumat, 21 Februari 2020 | 10:55 WIB
SERAHKAN PIALA : Camat Kragan, Prapto Raharjo, didampingi Kepala KUA Kragan, Amin Musa, menyerahkan hadiah juara umum MTQ tingkat kecamatan tahun 2020 yang digelar di SMPN 3 Kragan. (SM/Ilyas al-Musthofa)
SERAHKAN PIALA : Camat Kragan, Prapto Raharjo, didampingi Kepala KUA Kragan, Amin Musa, menyerahkan hadiah juara umum MTQ tingkat kecamatan tahun 2020 yang digelar di SMPN 3 Kragan. (SM/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com - SMAN 1 Kragan dan Desa Karangharjo berhasil menjadi juara umum dalam kejuaraan MTQ 2020 Kecamatan Kragan. Dua kafilah tersebut menjadi juara dalam kategori pelajar dan umum.

Dalam MTQ yang digelar di SMPN 3 Kragan itu, SMAN 1 Kragan dan Desa Karangharjo berhasil menorehkan paling banyak kemenangan. Mereka mengungguli lawan-lawannya yang sebagian juga memiliki tradisi kuat di bidang MTQ.

SMAN 1 Kragan, berhasil memenangi bidang tilawah masing-masing untuk kategori putra dan putri. Selain itu, delegasi sekolah tersebut juga berhasil menjadi yang terbaik, bidang tahfidz 5 juz, kategori putra dan putri.

Sedangkan Desa Karangharjo, berhasil menjadi jawara di antaranya pada bidang tilawah kategori anak putri, serta tahfidz 5 juz dan tilawah putri. Pencapaian kafilah Karangharjo lebih baik dari pada kafilah lainnya.

Kepala KUA Kecamatan Kragan, Amin Musa menyatakan, secara keseluruhan ada 7 majlis perlombaan. Pemenang masing-masing kategori, nantinya akan mewakili Kecamatan Kragan pada ajang serupa tingkat kabupaten, pada April mendatang.

“Subtansi kegiatan ini adalah untuk memasyarakatkan Al-Qur’an di Kragan. Maka, tema yang diambil adalah mencetak kader qur’ani yang unggul dan berprestasi. Dari MTQ tingkat pelajar, diharapkan juga akan ada pendalaman kegiatan tersebut melalui ekstrakurikuler sekolah,” terang Amin.

Camat Kragan, Prapto Raharjo menegaskan, pemerintah mendukung penuh pelaksanakaan MTQ tahunan di daerah. Oleh karena itu, Pemerintah Kecamatan Kragan menginisiasi dan mengapresiasi dengan memberikan piala bergilir sejak 2 tahun belakangan, untuk juara umum.

“Seain syiar Islam, MTQ adalah salah satu upaya menciptakan generasi muda qur’ani. Ini juga sebagai langkah menekan kenakalan remaja atau pelajar, melalui kegiatan-kegiatan yang berwawasan agama,” tandasnya.

Editor: Andika

Terkini

X