Ini Lompatan Digitalisasi FKH UGM dalam Proses Belajar Mengajar

Red
- Rabu, 5 Februari 2020 | 16:35 WIB
Tim FKH UGM bersama tim Dreamlight mendiskusikan contoh materi ajar digital. (suaramerdeka.com/dok)
Tim FKH UGM bersama tim Dreamlight mendiskusikan contoh materi ajar digital. (suaramerdeka.com/dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Memasuki era industri 4.0, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, mulai melakukan lompatan digitalisasi dalam proses belajar mengajar. Lompatan yang dimaksud adalah akan diwujudkannya sistem pembelajaran secara digital (smart gitital learning) di ruangan yang diberi nama Smart Room. Di mana sarana dan prasarananya sedang disiapkan oleh Dreamlight World Media (DWM) Ungaran.

"Smart Digital Learning ini akan membantu dosen dalam menyampaikan mata kuliah pada mahasiswa, di mana semuanya serba digital," kata drh Agung Budiyanto MP Phd, wakil Dekan Bidang Akademik UGM di Studio DWM, Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (5/2).

Kunjungan tim FKH UGM ke Dreamlight lebih menajamkan pada kerja sama, membicarakan tentang bentuk fisik smart digital room yang akan menempati salah satu gedung perkulihaan di FKH. Dalam acara itu juga diperlihatkan contoh materi animasi 3-D untuk membedah secara detil anatomi hewan. Desain animasi itu dibuat Heru Sakti, Head of Coding Dreamlight.

"Selama ini untuk mempelajari anatomi hewan, kami melakukannya secara manual dengan menghadirkan hewan di ruang kuliah. "Tapi kini kami tinggalkan cara lama dan mengadirkan sistem digital learning ini," tambah Agung Budiyanto.

Presiden Direktur Dreamlight, Eko Nugroho MBA menambahkan, bagaimana menjadikan smart room ini menjadi menarik perlu dibuatkan sistem penyusunan powerpoint materi ajar agar bisa seragam meski kontennya berbeda-beda. Kelak para dosennya juga harus bisa membuat powerpoint dan videonya juga," kata Eko Nugroho.

Mendampingi drh Agung Budiyanto adalah Dr drh Hery Wijayanto MP, Ketua Departemen Anatomi dan para dosen yang lain. Tim FKH dalam kesempatan itu juga mengunjungi Animal Center Drh Nugroho di Jalan Imam Bonjol Semarang.  

 

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X