52 Warga Kecamatan Karanganyar Dapat Bantuan Jamban Sehat

- Kamis, 16 Januari 2020 | 08:12 WIB
SANITASI LINGKUNGAN : Direktur PT Sembilan Sembilan Cahaya, Teguh Purnomo menyerahkan bantuan sanitasi lingkungan untuk 52 warga yang diserahkan kepada Wakil Bupati Demak Joko Sutanto di aula Kantor Kecamatan Karanganyar. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
SANITASI LINGKUNGAN : Direktur PT Sembilan Sembilan Cahaya, Teguh Purnomo menyerahkan bantuan sanitasi lingkungan untuk 52 warga yang diserahkan kepada Wakil Bupati Demak Joko Sutanto di aula Kantor Kecamatan Karanganyar. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto mengapresiasi keikutsertaan pengusaha jasa konstruksi dalam memberikan sedekah jamban. Hal itu dipandang sebagai bukti nyata adanya kepedulian para pelaku usaha terhadap tanggung jawab sosial masyarakat dan sejalan dengan gerakan sedekah jamban yang diprogramkan Pemkab Demak.

Joko Sutanto mengakui masih banyak warga yang belum memiliki jamban sehat, sehingga pemkab memprogramkan gerakan sanitasi lingkungan. "Peran pengusaha yang menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa sanitasi lingkungan seperti ini sangat membantu masyarakat dan membantu pemerintah," katanya saat menghadiri pemberian bantuan sanitasi lingkungan untuk 52 keluarga di Kecamatan Karanganyar, oleh Direktur PT Sembilan Sembilan Cahaya, Teguh Purnomo di aula Kantor Kecamatan.

Turut hadir Kepala Dinputaru Kabupaten Demak, Doso Purnomo, Kepala Dinperkim, Akhmad Sugiyarto, Camat Karanganyar, Sugiyanto, pimpinan Forkopimca, dan sejumlah pengusaha jasa konstruksi.

Wabup menambahkan, pihaknya menargetkan pada 2021 mendatang seluruh warga di Kabupaten Demak telah terfasilitasi jamban bersih dan sehat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memprogramkan pengadaan bantuan jamban, termasuk yang dialokasikan oleh pemerintah desa. Pemkab juga mendorong peran serta BUMN, BUMD, perusahaan, para pejabat dan pelaku jasa usaha konstruksi untuk membantu masyarakat memiliki fasilitas sanitasi lingkungan yang sehat.

Sementara Direktur PT Sembilan Sembilan Cahaya, Teguh Pramono mengatakan, bantuan sebanyak 52 unit jamban sehat tersebut diberikan kepada masyartakat di 4 desa, yakni Desa Wonoketingal, Desa Ngaluran, Jatirejo dan Bandungrejo.

Terkait penentuan daerah penerima bantuan di wilayah Kecamatan Karanganyar, menurutnya lantaranpertimbangan rumah tempat tinggalnya yang berada di daerah tersebut. "Semoga bermanfaat bagi masyarakat, utamanya dalam mendukung program pemerintah Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (BABS)," katanya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Beraksi di 16 Minimarket, Pelaku Ditangkap

Jumat, 28 Januari 2022 | 23:17 WIB

Polres Kendal Musnahkan 359 Knalpot Brong

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:37 WIB

Tahap Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta Dibalik

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:57 WIB
X