Hujan Baik untuk Bonsai, Tapi Tetap Harus Diwaspadai

Red
- Senin, 23 Desember 2019 | 17:36 WIB
Tanaman bonsai yang dipamerkan di Festival Agro Wisata Lembah Kalipancur. (Foto suaramerdeka.com/dokumen)
Tanaman bonsai yang dipamerkan di Festival Agro Wisata Lembah Kalipancur. (Foto suaramerdeka.com/dokumen)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Efek musim hujan sangat menguntungkan petani atau pemilik tanaman bonsai, karena pada bonsai matahari dan air adalah faktor penghidup utama. Pada musim ini memperepat pertumbuhan batang, dahan, akar dan daun.

"Tapi jangan terlena pada musim basah begini. Kewaspadaan ada pada media yang becek atau tergenang air. Karena becek tadi akan bisa menimbulkan jamur pada akar bonsai, yang bisa merusak tanamannya, akhirnya bonsai akan tumbang," kata Sudaryo, praktisi tanaman bosnai dalam acara Bincang Tanaman Sehat di acara Festival Agro Wisata yang berlangsung di Desa Wisata Lembah Kalipancur, Senin (23/12).

Menurut pemilik Cahayatani Farm Semarang ini, ansisipasi bisa dilakukan dengan cara menaburi poradan. Berbagai jenis tanaman yang biasanya dibonsai misalnya elegan, mirten, ulmus, johansung, ringin, sangcang dan serut.

Festival Agro Wisata diselenggarakan Wolu Production bekerjasama dengan Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang dalam rangka memanfaatkan liburan akhir tahun. Acara itu akan berlangsung sampai akhir tahun di Lembah Kalipancur, Ngaliyan, Semarang Barat. Bonsai menjadi tanaman andalan yang dipamerkan, karena pada akhir acara bonsai-bonsai yang ada akan dilelangkan.

 

 

Editor: Maya

Tags

Terkini

Pemkab Grobogan Bakal Perketat Pengawasan Orang Asing

Jumat, 24 September 2021 | 20:29 WIB
X