Seluruh Objek Wisata Demak Dibuka, Bupati Wajibkan Wisatawan Patuhi Prokes

- Senin, 20 September 2021 | 10:24 WIB
Bupati Demak Hj Eisti'anah menekankan wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Demak mematuhi protokol kesehatan. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Bupati Demak Hj Eisti'anah menekankan wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Demak mematuhi protokol kesehatan. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Demak telah membuka seluruh objek wisata di daerahnya, baik objek wisata religi Masjid Agung Demak, Makan Sunan Kalijaga di Kadilangu maupun objek wisata lainnya.

Namun demikian, dibukanya objek wisata tersebut masih bersifat uji coba. Selama menerima kunjungan wisatawan, pengelola objek wisata diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Jangan sampai muncul klaster baru dari tempat wisata. Maka kita tekankan agar pengelola objek wisata memperketat protokol kesehatan terhadap wisatawan yang berkunjung maupun terhadap petugas wisata," kata Bupati Hj Eisti'anah.

Bupati mengatakan, meski masih PPKM level 2 akan tetapi peta zonasi covid-19 Kabupaten Demak telah berubah menjadi biru.

Baca Juga: PSCS Cilacap Satu Grup dengan Persis Solo, Optimistis Bidik Tiket ke Liga 1

Hal itu menunjukkan adanya penurunan kasus covid-19 yang dipengaruhi oleh percepatan vaksinasi dan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Ini hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat Kabupaten Demak, utamanya Satgas Penanganan Covid-19 dan Forkopimda yang bekerja tanpa lelah untuk menekan penyebaran Covid-19," katanya.

Terpisah, Ketua Takmir Masjid Agung Demak KH Abdullah Syifa' mengatakan, adanya kelonggaran masyarakat untuk berziarah ke makam para waliyullah yang ada di kompleks Masjid Agung Demak membuat suasana masjid terasa semakin hidup.

Sebab, selama PPKM level 4 dan 3 seluruh aobjek wisata ditutup, termasuk Masjid Agung Demak.

"Dengan kelonggaran ini kami pun memberlakukan ketentuan wajib prokes bagi wisatawan atau peziarah. Tentu kami harus mendukung pemerintah agar Kabupaten Demak bisa masuk level 1 atau zona hijau," terang Abdullah Syifa'.***

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Demak Ajak Warga Nguri-uri Kesenian Khas Daerah

Senin, 27 September 2021 | 17:37 WIB
X