Peredaran Rokok Ilegal Masih Marak, Masyarakat Demak Diajak untuk Menghentikan

- Sabtu, 18 September 2021 | 11:05 WIB
Bupati Demak Hj Eisti'anah menyampaikan sambutan pada Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai yang digelar di Pendapa Kabupaten. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Bupati Demak Hj Eisti'anah menyampaikan sambutan pada Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai yang digelar di Pendapa Kabupaten. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Meski tim yustisi Pemkab Demak berulang menggelar razia rokok ilegal, namun peredaran rokok tanpa pita cukai masih sering ditemukan.

Bahkan jumlah rokok ilegal tidak menunjukkan adanya penurunan.

Sehubungan itu sebagai kabupaten penghasil cukai dan tembakau yang mendapatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Pemkab Demak memandang perlu adanya penegakan hukum untuk menekan dan menghentikan peredaran rokok ilegal.

Bupati Demak Hj Esiti'anah mengatakan, dana cukai merupakan salah satu pendapatan negara yang bersifat khusus.

Baca Juga: Memaksakan Aplikasi PeduliLindungi di Pasar yang belum Siap, Sama Saja Menutup Kegiatan Perdagangan Mereka

Dana tersebut dari pemerintah pusat dialokasikan ke pemerintah daerah provinsi ataupun kabupaten/ kota penghasil cukai hasil tembakau dan/atau penghasil tembakau.

Namun, naiknya tarif pita cukai menimbulkan persaingan yang kurang sehat pada industri rokok dan membuat semakin meluasnya peredaran rokok ilegal.

"Ini menjadi persoalan kita bersama. Keberadaan rokok ilegal yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab menimbulkan dampak negatif, baik bagi pemerintah, produsen produk legal, dan masyarakat," kata bupati saat menyampaikan sambutan pada Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai dengan tema "Gempur Rokok Ilegal", di Pendapa Kabupaten Demak, kemarin.

Acara yang juga dihadiri Wakil Bupati KH Ali Makhsun tersebut menghadirkan pembicara Nurhaeni Hidayah, Kasi Pelayanan Informasi dan Pelayanan Pengawasan Bea dan Cukai Semarang, Agus Nugroho LP Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, serta Arif Sudaryanto Kabag Perekonomian Setda Demak.

Baca Juga: Ringkasan APBD yang Diklasifikasi Tahun Anggaran 2022 Kabupaten Cilacap

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Demak Ajak Warga Nguri-uri Kesenian Khas Daerah

Senin, 27 September 2021 | 17:37 WIB
X