Tekankan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Daerah, Hendi: Raih WTP sebuah Keharusan

- Rabu, 15 September 2021 | 20:21 WIB
Wali Kota Semarang Hendi (suaramerdeka.com/dok)
Wali Kota Semarang Hendi (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Di tengah terpaan Pandemi Covid-19, tidak lantas mengendorkan jajaran Pemerintah Kota Semarang khususnya dalam pengelolaan maupun pelaporan keuangan daerah.

Transparansi dan akuntabilitas menjadi hal penting yang terus ditekankan Wali kota Semarang Hendrar Prihadi kepada seluruh jajaran Pemerintah kota Semarang.

Atas komitmen dan kepatuhan Pemerintah Kota Semarang dalam hal pengelolaan keuangan tersebut, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Semarang, Selasa14 September 2021.

Pemerintah Kota Semarang menjadi salah satu yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan selama 5 kali berturut-turut.

Baca Juga: 30 Tanah Makam di Bergota II Retak, Disperkim Segera Benahi

''Pada situasi seperti ini, pemerintah dituntut cepat dan tepat dalam mengambil setiap langkah strategis untuk penyelamatan warga. Namun, harus selalu berpegang pada aturan yang ada. Meraih WTP itu sebuah keharusan.

Ini salah satu bentuk pertanggungawaban pemerintah kepada masyarakat ,” ungkap Hendi, sapaan akrab wali kota usai mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2021 secara virtual.

Lebih lanjut Hendi menuturkan kondisi pandemi ini banyak memberi dampak baik sosial maupun ekonomi. Masyarakat menuntut pertanggungjawaban dan pemanfaatan keuangan yang tepat, efektif dan efisien sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya.

Secara beruntun, predikat WTP sebagai opini tertinggi atas pelaporan keuangan dari BPK RI ini diterima oleh Pemerintah Kota Semarang sejak pemeriksaan keuangan pada 2016. Predikat itu kemudian mampu terus dipertahankan Pemerintah Kota Semarang di bawah kepemimpinan Hendi untuk laporan keuangan tahun 2017, 2018, 2019 dan tahun 2020.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ronda Bisa Online, Kini Ada CCTV di Tiap Jalan RT

Kamis, 16 September 2021 | 18:25 WIB

Warga Binaan Pemasyarakatan Jalani Tes HIV

Kamis, 16 September 2021 | 15:47 WIB
X