Pemborosan, Dewan Soroti Usulan Gubernur Soal Anggaran RKPD 2022

- Rabu, 15 September 2021 | 18:39 WIB
Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Mujaeroni (suaramerdeka.com/dok)
Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Mujaeroni (suaramerdeka.com/dok)

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Mujaeroni menyoroti usulan anggaran Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 yang diajukan oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

Salah satu poin yang menjadi sorotan adalah anggaran komunikasi pimpinan yang diajukan melalui Biro Umum Pemprov Jateng sebesar 9,450 miliar dan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik oleh Diskominfo Jateng sebesar 32,500 miliar. Total dari keduanya mencapai Rp 41,950 miliar.

Menurut Mujaeroni, dua program dari dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut isinya sama saja, yaitu untuk sosialisasi dan publikasi program dari Gubernur. Maka maksud dari dua usulan program tersebut dipertanyakan.

Baca Juga: Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung, Warga 4 Desa Terima Bantuan

“Jadi program komunikasi pimpinan sebesar itu dan diajukan oleh dua OPD itu apa tidak menjadikan mubazir anggarannya? Urgensinya apa? Terlebih ini kan masih dalam situasi pandemi, kita semua harus berhati-hati dalam menganggarkan agar tidak terjadi pemborosan uang negara untuk sesuatu yang tidak prioritas,” ujar politikus dari Fraksi Gerindra itu, Rabu 15 September 2021

Mujaeroni menguraikan, anggaran sebesar itu diantaranya untuk bekerja sama di bidang publikasi melalui media cetak, online dan TV, dan untuk membayar tenaga dokumentasi.

Namun menurutnya ada kerancuan di dalamnya dan anggarannya terlalu boros.

“Jika kita lihat di dalam RKPD 2022 ini, bisa disebut memang dobel kegiatan sehingga menjadikan double anggaran. Kita sudah tanyakan ke Biro Umum terkait kerjasama publikasi yang dimaksud itu apa, kata mereka itu untuk media online.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ronda Bisa Online, Kini Ada CCTV di Tiap Jalan RT

Kamis, 16 September 2021 | 18:25 WIB

Warga Binaan Pemasyarakatan Jalani Tes HIV

Kamis, 16 September 2021 | 15:47 WIB
X