Imbas Covid-19, Tatanan Kehidupan Baru Mendekonstruksi Pola Kehidupan Masyarakat

- Rabu, 15 September 2021 | 17:56 WIB
Acara konferensi internasional pertama transformasi Demokrasi dan Sosial, secara virtual di Ruang Teater Lantai 4, Rektorat UIN Walisongo, Rabu (15/9). (SM/Pamungkas Suci Ashadi)
Acara konferensi internasional pertama transformasi Demokrasi dan Sosial, secara virtual di Ruang Teater Lantai 4, Rektorat UIN Walisongo, Rabu (15/9). (SM/Pamungkas Suci Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Imam Taufik berpendapat, situasi pandemi yang menuntut masyarakat untuk melakukan adaptasi dan negosiasi sebagai tanggapan terhadap regulasi intervensi Covid-19.

Dengan demikian, praktis setiap, mobilitas, dan gaya hidup masyarakat mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan aktivitas kehidupan yang baru.

Menurutnya, tindakan untuk melakukan tatanan hidup baru telah menimbulkan beberapa masalah yaitu, tingkat Keragaman responsivitas dan kemampuan beradaptasi dalam masyarakat.

Baca Juga: Bawaslu Bicara Perempuan di Hari Demokrasi Internasional

Ada gap tentang bagaimana orang-orang mengatur tatanan dunia baru, beberapa orang keliru menganggap bahwa Covid-19 bahaya yang sebenarnya menganggapnya sebagai perbuatan, dan menyatakan terhadap regulasi intervensi Covid-19.

Kemudian masalah lainnya adalah bagaimana tatanan kehidupan baru mendekonstruksi pola kehidupan masyarakat sebelumnya. Pada titik ini, masyarakat tidak terbiasa, dipaksa untuk hidup dari cara hidup mereka yang umum.

Telah terjadi perubahan dan pergeseran yang signifikan dalam hal nilai, norma, praktik kehidupan, dan adat istiadat masyarakat dewasa ini.

"Kondisi ini mendorong para ilmuwan dan peneliti untuk melakukan observasi, review, atau kajian tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap perubahan sosial.

Penelitian dan upaya ilmiah harus dapat menemukan formula dan strategi yang efektif untuk memecahkan masalah umum masyarakat saat ini," ujarnya saat membuka acara Konferensi Internasional pertama transformasi demokrasi dan sosial secara virtual di Ruang Teater Lantai 4, Rektorat UIn Walisongo, Rabu (15/9).

Baca Juga: Pemanah Jitu Andalan Marvel “Hawkeye”, Akhirnya Miliki Storyline Sendiri

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Ronda Bisa Online, Kini Ada CCTV di Tiap Jalan RT

Kamis, 16 September 2021 | 18:25 WIB

Warga Binaan Pemasyarakatan Jalani Tes HIV

Kamis, 16 September 2021 | 15:47 WIB
X