Dekan FDK UIN Walisongo: Bangun Tempat Wisata, Perlu Jejaring dan Silaturahmi

- Selasa, 14 September 2021 | 20:25 WIB
Kompleks Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng ditutup sementara bagi wisatawan sampai 2 Juli 2021 selama pelaksanaan PPKM Mikro. SM/Dok
Kompleks Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng ditutup sementara bagi wisatawan sampai 2 Juli 2021 selama pelaksanaan PPKM Mikro. SM/Dok

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Tim FDK diajak Disparbud Wonosobo untuk survei ke beberapa tempat yang menjadi target rintisan desa wisata religi, yaitu ke Masjid Baitul Qur'an dan Makam KH. Muntaha di Desa Deroduwur.

Di Desa Deroduwur, rombongan disambut Kepala Desa setempat dan Tim Pokdarwis Deroduwur untuk mengikuti sarasehan dan silaturrahmi.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. H. Ilyas Supena menegaskan perlunya membangun jaringan dan silaturrahmi untuk membangun sebuah desa wisata.

Baca Juga: Ilmu Berubah Cepat, Presiden Ingatkan Pentingnya Kemampuan Adaptasi Dunia Pendidikan

"Kami sedang menjajaki kerjasama dengan Disparbud, salah satu agendanya yaitu pengembangan desa wisatareligi, di mana salah satu iconnya ada di Desa Deroduwur,” tutur Ilyas Supena dalam sarasehan dan silaturahmi.

Menurut Ilyas Desa Deroduwur memiliki potensi besar untuk menjadi desa wisata religi. Potensi yang dimiliki antara lain budaya, masyarakat, dan religiusitas masyarakat yang ada di sini.

Pengembangan dan pendampingan diperlukan. Program Studi Manajemen Dakwah (MD) yang memiliki konsentrasi dalam manajemen Pariwisata Islam bisa membuka kerjasama dengan Disparbud Wonosobo.

Wakil Dekan 1, Drs. H. M. Mudhofi mengatakan wisata religi akan diminati jika dibarengi dengan wisata lainnya seperti wisata alam, wisata kuliner, juga wisata budaya.

Baca Juga: Pemkot Magelang Raih Opini WTP Lima Kali Bertutrut-turut

FDK bisa mengintegrasikan berbagai program studi yang dimiliki. Prodi Manajemen Dakwah (MD) yang mempunyai konsentrasi pariwisata Islam, akan membantu aspek pengembangan manajemen pariwisata islam.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

PDIL Unika Lahirkan Doktor Ilmu Lingkungan Pertama

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:45 WIB

Pemilihan Rektor USM: Lima Calon Sampaikan Visi Misi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:24 WIB
X