Warga Antusias Panen Sayuran Hasil Urban Farming di Masa Pandemi

- Senin, 13 September 2021 | 20:29 WIB
PANEN SAWI: Warga memanen sawi yang ditanan di rak,  pinggir jalan kampung RW 4 Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Senin 13 September 2021. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
PANEN SAWI: Warga memanen sawi yang ditanan di rak, pinggir jalan kampung RW 4 Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Senin 13 September 2021. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

 



SEMARANG, suaramerdeka.com - Warga RW 4 Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang merasakan manfaatnya dengan menerapkan urban farming.

Pelatihan dan praktek langsung program urban farming yang diprakarsai oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Persero selama tiga bulan membuahkan hasil.
Warga bisa panen sayur mayur diantaranya bayam hijau, merah, sawi, dan selada.

Kegiatan pertanian perkotaan ini memang sangat disukai ibu-ibu di warga RW4 Kelurahan Kedungpane.

Munjiati salah satu warga yang mencoba melakukannya dengan didampingi tim Tiga Langkah mengaku mendapat banyak ilmu dan manfaat.

Baca Juga: Kapolres Tekankan Anggota Disiplin Prokes di Tempat Tugas dan di Lingkungan Keluarga

''Kami sangat senang, bisa merasakan manfaatnya, yakni panen selada dan bayam. Selain itu lingkungan nampak lebih asri tertata dengan berbagai macam sayuran. Ini baru 40 hari saya sudah panen selada, dan bayem merah, '' papar Munjiati.

PT PII (Persero), salah satu special mission vehicles (smv) Kementerian Keuangan RI melalui program tanggung jawab sosialnya (Corporate Social Responsibilities-CSR) menggelar program pemberdayaan ekonomi kreatif urban farming untuk warga RW4 Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen.

Program pemberdayaan ekonomi kreatif urban farming ini di mulai sejak Juni 2021 dan sempat terhenti ketika diberlakukannya PPKM.

Program ini diawali dengan sosialisasi program yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan bagi warga untuk memperkaya wawasan mulai dari pengenalan urban farming, pembibitan, pindah tanam, pemupukan, perawatan tanaman, pembuatan rumah kaca, demplot dan juga pengenalan tanaman estetik.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ronda Bisa Online, Kini Ada CCTV di Tiap Jalan RT

Kamis, 16 September 2021 | 18:25 WIB

Warga Binaan Pemasyarakatan Jalani Tes HIV

Kamis, 16 September 2021 | 15:47 WIB
X