Perbaiki Rumah, Mantri BRI Kendal Ajukan Kredit Fiktif Rp 1,9 Miliar

- Jumat, 1 November 2019 | 11:48 WIB
Asisten Tindak Pidana Khusus Ketut Sumedana. (suaramerdeka.com / Puthut Ami Luhur)
Asisten Tindak Pidana Khusus Ketut Sumedana. (suaramerdeka.com / Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Seorang Marketing dan Analisis Mikro (Mantri) BRI Kendal berinisial YY, ditetapkan sebagai tersangka pengajuan kredit fiktif di bank milik negara oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah. Mantri tersebut merugikan negara Rp 1,9 miliar yang merupakan jumlah keseluruhan dari pengajuan Kredit Umum Pedesaan yang diajukannya, dengan cara mengajukan kembali pengajuan kredit dari 52 nasabah di dua unit BRI Kendal.

"Dia mengajukan kembali pengajuan kredit dari nasabah BRI dengan meminjam KTP mereka, setiap nasabah diberi imbalan Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu," kata Asisten Tindak Pidana Khusus Ketut Sumedana di Kejati Jawa Tengah, kemarin.

Tersangka mengajukan pinjaman ke BRI dengan menggunakan identitas orang lain, Rp 30 juta sampai dengan Rp 50 juta. Pengajuan yang dilakukannya dengan syarat-syarat fiktif dan akibatnya kredit yang telah dicairkan kemudian gagal bayar alias macet.

"Kasus ini terungkap dari hasil investigasi internal BRI kemudian menyampaikan kepada kami dan dilakukan penyelidikan di lapangan. Dari hasil pemeriksaan awal dan bukti-bukti kami sementara menetapkan satu tersangka," tambahnya.

Kasus tersebut kini naik statusnya menjadi tahap penyidikan, pada pekan ini segera dilakukan pemeriksaan kepada saksi-saksi dan penyitaan barang bukti. Sementara barang bukti yang berhasil diamankan adalah uang sebesar Rp 200 juta yang merupakan pengembalian dari tersangka. Uang hasil pengajuan kredit fiktif, menurut pengakuan tersangka untuk senang-senang, memperbaiki wanita, membeli sepeda motor dan wanita.

Perkara ini masih berkembang, terutama pada orang-orang yang membantu tersangka melakukan tindak pidana. Sumedana menyebut, ada dua orang yang membantu tersangka mengumpulkan KTP dari warga masyarakat.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Kampung Tangguh Antinarkoba Salatiga Diresmikan

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:07 WIB

34 Pohon di Semarang Tumbang Akibat Cuaca Buruk

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:39 WIB

Langgar Jam Operional, Enam Tempat Karaoke Disegel

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:17 WIB

Pemkab Demak Apresiasi Akreditasi 502 TPQ

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:36 WIB
X