KLHK Pesan Agar Mata Air Purwokeling Purwoyoso Dijaga Kelestariannya

- Minggu, 12 September 2021 | 11:30 WIB
Verifikator KLHK, I Komang Tri Wijaya Kusuma. (suaramerdeka.com/dok)
Verifikator KLHK, I Komang Tri Wijaya Kusuma. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berpesan agar mata air di Proklim Purwokeling RW 10 Purwoyoso Ngaliyan Kota Semarang dijaga kelestariannya.

Verifikator KLHK, I Komang Tri Wijaya Kusuma menuturkan keberadaan mata air tersebut merupakan sarana salah satu sedekah bagi Proklim Purwokeling RW10 sehingga semakin meningkatkan pengikat kesatuan sosial antar wilayah.

Hal ini lantaran potensi air yang mengalir digunakan oleh warga tetangga RT 03/RW 09 untuk kehidupan sehari-hari, seperti memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.

Baca Juga: Staf Ahli Menkunham: Lingkungan LAPAS Wajib Bersih dari KKN

"Saya senang, warga RW10 dengan Proklim Purwokelingnya guyub rukun melakukan adaptasi dan mitigasi dengan kekhasan masing-masing. Mendukung kelestariannya, sumangga perbanyak generasi muda yang dilibatkan dalam proklim, sehingga ada transfer knowledge (ilmu pengetahuan dan pemahaman), serta transfer of value (nilai-nilai moral dan kebaikan, termasuk terkait lingkungan)," tuturnya.

Ketua Proklim Purwokeling, Eko Gustini Wardani Pramukawati menambahkan keberadaan mata air ini juga dimaksudkan untuk merawat keutuhan hubungan antar warga, serta wujud menguatkan partisipasi dan kapasitas organisasi.

“Itu merupakan bagian Pekerjaan Rumah (PR). Insya Allah di tahun 2022 mendatang telah diagendakan pembangunan bak tandon permanen penampung air dari mata air dan talut menuju lokasi”, jelasnya.

Baca Juga: Insiden Anies Baswedan Jatuh ke Got, Ferdinand Hutahaean: Jangan Diketawain

Tak hanya potensi mata air, Proklim Purwokeling juga memiliki laboratorium komposting di antaranya pupuk kandang, pupuk hijau, pupuk kompos, pupuk hayati, pupuk serasah.

Juga ada olahan pangan dari bahan baku lokal untuk dinikmati, seperti es daun katuk. Tak hanya itu Proklim Purwokeling juga memiliki pengelolaan bank sampah.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB
X