Manfaatkan Limbah, Warga Gendongan Hias Gapura dengan Sampah Plastik

- Kamis, 9 September 2021 | 15:25 WIB
Tim Penilai Kelurahan Gendongan menilai salah satu gapura yang telah dihias dengan sampah plastik. (suaramerdeka.com/dok)
Tim Penilai Kelurahan Gendongan menilai salah satu gapura yang telah dihias dengan sampah plastik. (suaramerdeka.com/dok)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Lingkungan RT/RW di Kelurahan Gendongan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, berlomba-lomba menghias gapura kampung mereka, dengan memanfaatkan limbah plastik.

Limbah plastik yang umumnya dalam bentuk botol plastik bekas minuman kemasan tersebut, sebagai upaya memanfaatkan kembali (reuse) sampah plastik, agar tidak terbuang.

Lomba yang merupakan inisiatif dari Pemerintah Kelurahan Gendongan dan nilai oleh Tim Kelurahan tersebut, diharapkan menggugah semangat warga memanfaatkan sampah plastik.

Ony Suciwati, Ketua Tim Penilai Kelurahan Gendongan mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya memanfaatkan kembali sampah plastik.

Baca Juga: Kecelakaan di Sigar Bencah, Pengamat Transportasi Minta Pemkot Semarang Segera Minta Rekomendasi KNKT

Awalnya warga diminta memanfaatkan kembali sampah itu menjadi bermanfaat dan dibuat menjadi penghias gapura di permukiman penduduk.

"Program itu sangat membantu pengurangan sampah plastik rumahan. Perlu diketahui setiap keluarga dapat menghasilkan sampah plastik dalam jumlah banyak. Kegiatan ini diharapkan menguransi sampah plastik terbuang begitu saja," kata Ony, kemarin.

Tujuan diadakan lomba tersebut, agar masyarakat bisa lebih peduli dengan sampah plastik.

Limbah plastik tidak bisa terurai hingga ratusan tahun, sehingga upaya daur ulang plastik membuat produk sampah tersebut bernilai ekonomis.

Baca Juga: Lapas Semarang Perketat Sistem Keamanan, Pascakebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

RSUD Kota Salatiga Zero Pasien Covid-19

Senin, 18 Oktober 2021 | 22:12 WIB

Muamir Marzuki Kembali Pimpin IPHI Tingkir

Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:29 WIB

Binda Jateng Lanjutkan Vaksinasi Pelajar dan Santri

Rabu, 29 September 2021 | 19:15 WIB
X