Lapas Semarang Perketat Sistem Keamanan, Pascakebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang

- Kamis, 9 September 2021 | 15:08 WIB
Sejumlah petugas Lapas Kelas I Semarang memberikan arahan kepada warga binaan pemasyarakatan (narapidana) di Lapas tersebut. (suaramerdeka.com/dok)
Sejumlah petugas Lapas Kelas I Semarang memberikan arahan kepada warga binaan pemasyarakatan (narapidana) di Lapas tersebut. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lapas Kelas I Semarang atau yang dikenal Lapas Kedungpane memperketat sistem keamanan, termasuk berkaitan dengan ketertiban kelistrikan di Lapas tersebut.

Langkah ini merupakan tindaklanjut pascakebakaran yang menimpa Lapas Kelas I Tangerang.

Insiden yang terjadi pada 8 September 2021 itu mengakibatkan puluhan warga binaan pemasyarakatan (narapidana) meninggal dunia.

Baca Juga: Angka Putus Sekolah di Kabupaten Grobogan Masih Tinggi, Arah Kebijakan Pemkab di RPJMD Dipertanyakan

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto sekaligus Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Kanwil Kemenkumham Jateng) menyatakan, giat ini sebagaimana Surat Edaran Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Nomor: W13.PK.02.10.02-448 Tahun 2021 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Gangguan Keamanan dan Ketertiban di UPT Pemasyarakatan.

"Kami ingin meminimalkan segala bentuk potensi gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas, sehingga tercapai situasi yang lebih kondusif. Salah satunya dengan meningkatkan kewaspadaaan serta memperketat sistem keamanan," kata Supriyanto, Kamis, 9 September 2021.

Pihaknya memfokuskan ketertiban instalasi kelistrikan di dalam blok hunian dan mengawasi penggunaan peralatan-peralatan yang berhubungan dengan kelistrikan.

Baca Juga: Jalur Menuju Sigar Bencah Dialihkan Sementara untuk Olah TKP

Upaya itu dinilai sebagai bentuk antisipasi atau deteksi dini terhadap timbulnya gangguan keamanan di Lapas.

Ia menegaskan, akan menempatkan petugas pada pos-pos pengamanan, meningkatkan frekuensi pengontrolan terhadap blok dan kamar hunian, hingga melakukan penggeledahan secara rutin maupun insidental.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X