Antisipasi Kebakaran Serupa di Lapas Tangerang, Lapas Semarang Tingkatkan Pengawasan Perangkat Kelistrikan

- Rabu, 8 September 2021 | 20:57 WIB
Petugas damkar memadamkan kebakaran lapas Tangerang. (foto:zonasurabayaraya.pikiran-rakyat.com)
Petugas damkar memadamkan kebakaran lapas Tangerang. (foto:zonasurabayaraya.pikiran-rakyat.com)

SEMARANG, suaramerdeka,com - Mengantisipasi kejadian kebakaran seperti yang menimpa Lapas Kelas I Tangerang, Banten, petugas Lapas Kelas I Semarang, Jawa Tengah, meningkatkan pengawasan penggunaan peralatan yang terhubung dengan instalasi kelistrikan.

Kalapas Kelas I Semarang Supriyanto mengatakan peningkatan pengawasan dilakukan dengan menambah frekuensi pengontrolan di blok dan kamar hunian warga binaan.

"Deteksi dini juga dilakukan melalui penggeledahan rutin dan insidensil," katanya, Rabu (8/9).

Peningkatan pengawasan, lanjut dia, dilakukan melalui peningkatan frekuensi kontrol ruang perkantoran dan mencegah masuknya atau memusnahkan barang yang dikhawatirkan digunakan sebagai alat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan di dalam lapas.

Baca Juga: Masjid Raya Baiturrahman Mulai Direnovasi, Ditarget Rampung 2022

"Barang-barang terkait dengan kelistrikan yang berpotensi digunakan atau dirakit menjadi alat yang bisa menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban akan dicegah atau dimusnahkan," tambahnya.

Upaya deteksi dini itu, lanjut dia, disosialisasikan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan.

Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah ini mengungkapkan surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di UPT pemasyarakatan telah disampaikan ke seluruh lapas dan rutan di provinsi ini.

Selain mengantisipasi kejadian di Lapas Kelas I Tangerang, kata dia, surat edaran tersebut ditujukan untuk meminimalkan potensi gangguan agar tercipta kondisi lapas yang kondusif.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendi Ajak Warga Semarang Bangga Pakai Batik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:59 WIB
X