Pemkab Semarang Genjot Vaksinasi untuk Pelajar, Percepatan Herd Immunity

- Rabu, 8 September 2021 | 18:51 WIB
Pemkab Semarang genjot vaksinasi untuk pelajar. (suaramerdeka.com/dok)
Pemkab Semarang genjot vaksinasi untuk pelajar. (suaramerdeka.com/dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Pemkab Semarang mulai melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar usia diatas 12 tahun.

Upaya tersebut ditempuh untuk mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity.

Rabu 8 September 2021 pagi, vaksinasi untuk pelajar digelar di SMP Negeri 2 Ungaran. Selama sehari kemarin, setidaknya ada 600 orang siswa yang divaksin.

“Besok rencananya ada sekitar 500 orang siswa, pelaksanaannya dua hari. Melibatkan tiga tim tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Leyangan,” kata Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, Rabu, 8 September 2021.

Gerakan percepatan serupa, belum lama ini sudah dilakukan pada SMP Negeri di Kecamatan Getasan. Di sana, pelajar dari tiga sekolah sudah divaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 di SMP swasta juga jalan terus.

Baca Juga: Pemkab Demak Bawa Pengelola Karaoke ke Meja Hijau

“Data riilnya saya belum tahu persis sampai hari ini. Terutama siswa yang berumur 12 tahun keatas kita maksimalkan dulu,” ujarnya.

Berbicara pembelajaran tatap muka (PTM) 50 persen siswa masuk yang sudah berjalan, ia melihat prosesnya bagus sudah sesuai regulasi maupun protokol kesehatan (prokes) yang dianjurkan pemerintah.

Hasil evaluasi instansi terkait yang disampaikan ke Bupati Semarang menyebutkan, bahwa selama tiga pekan PTM berjalan tidak ditemukan indikasi siswa maupun tenaga pendidik yang terpapar Covid-19.

“Tidak ada, tetapi tolong siapa saja jangan lengah. Prokes ketat tetap dilaksanakan, masker wajib dipakai ketika beraktivitas dan menghindari kerumunan,” tegas Bupati Ngesti Nugraha.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Terkini

X