Lintas Komunitas Gagas Pasang Garuda Pancasila di Puncak Gunung

- Kamis, 3 Oktober 2019 | 14:57 WIB
Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lintas komunitas Jawa Tengah, mengagas pemasangan lambang negara Garuda Pancasila di tujuh puncak gunung di Jawa Tengah. Lambang negara berukuran 3x3 meter tersebut akan diangkut secara manual, ke puncak gunung oleh pecinta alam yang tergabung dalam komunitas Lintas Komunitas.

Tokoh nasionalis St Sukirno menyatakan, pemasangan lambang negara Garuda Pancasila di puncak gunung sebagai wujud perwujudan cinta tanah air para pencinta alam. Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagai pecinta alam ketika mengagumi keindahan alam dan tidak merusaknya.

Sila kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab, setiap seorang pecinta alam pasti tak akan meninggalkan rekannya yang tidak bisa melanjutkan perjalanan ketika naik gunung atau mencari rekan yang tersesat. Sila ketiga Persatuan Indonesia di mana seorang pecinta alam bersatu padu, bergotong royong untuk mencapai tujuan.

"Jika naik gunung, tujuannya ke puncak gunung bersama-sama bagaimana caranya agar bisa meraih," kata Sukirno dalam Sarasehan Kebangsaan Lintas Komunitas Jateng 'Perkuat Persatuan, Rawat ke Bhinekaan dan Jaga Perdaudaraan se Bangsa dan se Tanah Air Indonesia, Mencintai Alam sebagai Perwujudan Cinta Tanah Air' di Semarang, belum lama ini.

Sila keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, setiap pelaksanaan kegiatan pasti dimusyawarahkan terlebih dahulu sebelum melaksanakannya. Kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, di mana semua diperlakukan dengan adil.

Editor: Maya

Tags

Terkini

DPRD dan Bupati Demak Sepakati Raperda APBD 2023

Jumat, 25 November 2022 | 20:40 WIB

Bakso Viral Seafood Korea Ada di Kuliner Kauman

Jumat, 25 November 2022 | 20:04 WIB

Korban Gempa Cianjur Dibantu Senilai Rp 500 Juta

Jumat, 25 November 2022 | 19:27 WIB
X