Guru PAUD Desa Munding Dilatih Pembelajaran Digital

- Kamis, 19 September 2019 | 11:24 WIB
PEMBELAJARAN DIGITAL: Dosen Unnes, Ghanis Putra Widhanarto (dua dari kiri) saat memberikan pembelajaran digital kepada guru PAUD Al Madani Desa Munding, Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com / Royce Wijaya)
PEMBELAJARAN DIGITAL: Dosen Unnes, Ghanis Putra Widhanarto (dua dari kiri) saat memberikan pembelajaran digital kepada guru PAUD Al Madani Desa Munding, Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com / Royce Wijaya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar pelatihan produksi media pembelajaran buat para guru Pandidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Madani di Desa Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Selain meningkatkan kualitas layanan sekolah, pelatihan itu dilakukan untuk menjadikan pembelajaran bagi anak PAUD yang lebih menarik.

Maraknya pembelajaran digital di era perkembangan teknologi ini membuat para guru PAUD perlu melakukan perubahan. Dosen Unnes, Ghanis Putra Widhanarto SPd MPd selaku pemateri pelatihan itu mengatakan, sudah saatnya guru mengikuti perkembangan di era native teknologi.

"Penting bagi guru menguasai teknologi untuk media pembelajaran, kami memakai aplikasi Power Point yang kebetulan sudah familier bagi peserta pelatihan. Pembelajaran media sangat penting, karena akan memudahkan anak mengingat sesuatu dalam belajar," kata Ghanis saat memberikan pelatihan di PAUD Al Madani Desa Munding.

Ghanis ini merupakan anggota tim Unnes yang sedang melakukan pemberdayaan pendidik PAUD Al Madani untuk peningkatan kualitas layanan sekolah. Tim pengabdian diketuai Abdul Malik SPd MPd, dengan satu anggota lainnya, Dr M Burhan Ruba'i Wijaya MPd. Bukan cuma produksi media pembelajaran digital, materi lain yang diajarkan adalah budaya literasi informasi, inovasi pengembangan kurikulum, serta peningkatan kompetensi pedagotis bagi guru PAUD dan TK.

Menurut Ghanis, peran guru di sekolah sebagai pengganti orang tua dalam menanamkan budaya literasi digital. Dalam pelatihan itu, para guru PAUD melakukan praktik langsung dengan memanfaatkan laptop sebagai media pembelajaran. Kepala PAUD Al Madani Desa Munding, Tris Handayani yang juga guru membuat media pembelajaran dengan tema "Mengenal Hewan".

Tris berharap, guru PAUD dapat memahami materi, sekaligus mampu berinovasi menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Selain itu juga mampu merangsang kepekaan anak di masa pertumbuhan.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Pasar Johar Masih Sepi, Pegadang Belum Berjualan

Minggu, 26 September 2021 | 18:20 WIB
X