Kerapu Tanam 5.000 Mangrove

- Sabtu, 24 Agustus 2019 | 03:22 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

KENDAL, suaramerdeka.com - Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, kali ini melakukan penanaman mangrove di Desa Kartika Jaya Patebon, Kendal. Mereka menanam 5.000 mangrove di kawasan pesisir utara bersama warga masyarakat sekitar dan pegiat lingkungan.

 

Ketua DPP Kerapu Abdul Kadir Karding mengatakan, kegiatan ini sudah dirancang sejak awal Kerapu berdiri. Sebelumnya Kerapu juga sudah menanam di daerah Tangerang sekitar setengah tahun lalu.

"Kami ingin membangun kesadaran publik pentingnya konservasi atau pro lingkungan. Kami ingin memberikan sumbangsih kepada ekosistem walau tidak begitu besar," kata Karding usai kegiatan di Kendal, Jumat (23/8).

Kerapu juga ingin mendorong, ke depannya ada kebijakan yang tidak hanya berhenti pada jargon atau reaksi terhadap suatu isu saja. Tetapi ada suatu program yang lebih terencana, fokus, jangka panjang yang arahnya membangun gerakan nasional secara berkelanjutan untuk menanam.

"Kami juga ingin kebijakan pro lingkungan dilahirkan. Tidak kalah pentingnya keterlibatan masyarakat terutama yang berada di pesisir," tambahnya.

Kerapu ingin ada kebijakan yang bagus, ada gerakannya dan partisipasi masyarakat ikut terlibat dari kesadaran mereka untuk menjaga lingkungannya. Pembangunan yang tidak terukur, terpola dan peduli terhadap lingkungan akan menghancurkan generasi yang akan datang dan bumi.

"Dengan lingkungan yang bagus,kekayaan hayati yang luar biasa kaya dapat dijaga, daya dukung kawasan bagus akan menjaga dari perubahan iklim ke depan," tambah anggota DPR RI dari Fraksi PKB itu.

Ia berharap, harus ada gerakan nasional yang terencana, massif dan fokus. Menurutnya, kondisi lingkungan saat ini sudah lampu kuning terutama di daerah pesisir utara sudah banyak yang mengalami abrasi.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X