Dua Fakultas Baru Gabung PTMB Unika

- Kamis, 15 Agustus 2019 | 13:27 WIB
TANDA PENGENAL: Rektor Unika Soegijapranata Ridwan Sanjaya menyematkan tanda pengenal kepada mahasiswa dalam PTMB di kampusnya. (Foto suaramerdeka.com/Royce Wijaya)
TANDA PENGENAL: Rektor Unika Soegijapranata Ridwan Sanjaya menyematkan tanda pengenal kepada mahasiswa dalam PTMB di kampusnya. (Foto suaramerdeka.com/Royce Wijaya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sekitar 1.800 mahasiswa S1 Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang mengikuti Pembekalan Terpadu Mahasisa Baru (PTMB) di kampusnya. Dua fakultas baru ikut bergabung dalam PTMB tersebut, yakni Kedokteran serta Ilmu dan Teknologi Lingkungan. Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ridwan Sanjaya MS IEC mengatakan, pembekalan terpadu ini rutin dilakukan di kampusnya, sebelum mulai perkuliahan. 

"Terdapat dua fakultas baru yang gabung PTMB, yakni Kedokteran serta Ilmu dan Teknologi Lingkungan. Khususnya, Fakultas Kedokteran ada 40 mahasiswa, sebenarnya banyak peminat tapi dibatasi karena merupakan program studi baru di Unika," jelas Ridwan didampingi Humas Unika Soegijapranata Yuwono Agus. PTMB ini hanya fokus pengenalan program studi, kampus, dosen, serta nilai-nilai Soegijapranata. 

Bagi mahasiswa baru, menurut Ridwan, paling berat adalah perubahan. Di mana, situasi SMA dulu, jam belajar serba teratur, dimulai jam 07.00 sampai sore. Memasuki jenjang perkuliahan, mereka menjalani pembelajaran kuliah sesuai jadwal yang tidak menentu. Karenanya, mahasiswa baru diminta tidak terlena, supaya bisa fokus menjalani perkuliahan serta menyelesaikan studi tepat waktu. "Sebenarnya, jumlah mahasiswa baru S1, S2, dan S3 ada sekitar 1.950 orang. Namun, PTMB hanya diikuti mahasiswa S1 saja," tandasnya. 

Dia menjelaskan, pembekalan ini mengangkat tema "Panca R" yang berarti Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Semangat mahasiswa diharapkan bisa memancar, sekaligus bisa melaksanakan tema pembekalan saat perkuliahan nantinya. Di sisi lain, Yuwono Agus mengatakan, pembekalan ini dilakukan selama tiga hari, sejak Rabu (14/8). Sebelumnya, mereka dua hari menjalani pra-PTMB di kampus Unika.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Beraksi di 16 Minimarket, Pelaku Ditangkap

Jumat, 28 Januari 2022 | 23:17 WIB

Polres Kendal Musnahkan 359 Knalpot Brong

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:37 WIB

Tahap Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta Dibalik

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:57 WIB
X