Susah Punya Anak? RSU Puri Asih Salatiga Kini Dilengkapi Layanan Inseminasi Kehamilan

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 20:05 WIB
Syukuran berdirinya layanan Klinik Fertilitas Indonesia di RSU Puri Asih Salatiga. (SM/dok)
Syukuran berdirinya layanan Klinik Fertilitas Indonesia di RSU Puri Asih Salatiga. (SM/dok)

SALATIGA, suaramerdeka.com - RSU Puri Asih Salatiga dan Klinik Fertilitas Indonesia mendirikan layanan fertilitas yang membantu warga Kota Salatiga dan sekitarnya mengikuti program kehamilan inseminasi buatan, Kamis (28/10).

Selain tindakan inseminasi buatan (IUI), warga atau pasangan Suami istri dapat melakukan pemeriksaan analisa sperma dan konsultasi program kehamilan.

''Infertilitas adalah pasangan suami istri usia subur dengan rutinitas berhubungan minimal tiga kali seminggu, tanpa menggunakan kontrasepsi selama satu tahun, tetapi masih belum mendapatkan kehamilan,'' kata dokter spesialis kandungan Zaki Hetami, dari RSU Puri Asih.

Baca Juga: Lolos Perempatfinal French Open 2021, Tunggal Putra Indonesia Shesar Jumpa Kento Momota

Menurutnya, salah satu dari program kehamilan adalah inseminasi buatan atau Intrauterine Insemination (IUI), merupakan program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm).

Dengan sel telur secara natural di dalam rahim. Tujuannya meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi.

Metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

Baca Juga: Ada Beckham dan Mr Bean, Ini 12 Artis Hollywood yang Mendapat Gelar Kehormatan dari Kerajaan Inggris

Zaki Hetami menjelaskan faktor yang mempengaruhi keberhasilan program kehamilan antara lain kualitas sperma suami, usia istri, kondisi status genetalia istri.

Sementara itu, Regional Business Operation Manager Klinik Fertilitas Indonesia, Sigit menjelaskan, saat ini ada 56 fasilitas kesehatan yang menjalin kerja sama dengan Klinik Fertilitas Indonesia.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X