Pemkab Kendal Diminta Serius Tangani Asap Sampah

- Rabu, 24 Juli 2019 | 17:40 WIB
Dua pemulung mencari barang yang masih bisa dimanfaatkan di tumpukan sampah di TPA Pagergunung yang berasap. (suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)
Dua pemulung mencari barang yang masih bisa dimanfaatkan di tumpukan sampah di TPA Pagergunung yang berasap. (suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com – Persoalan asap yang ditimbulkan dari sampah yang terbakat di TPA Pagergunung mendapat tanggapan dari Komisi D DPRD Kendal. Pemkab Kendal diminta serius menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Ketua Komisi D DPRD Kendal, Akhmat Suyuti, mengatakan, asap sampah yang menyebar sampai ke pemukiman dan SD 2 Pagergunung mengganggu aktivitas mereka.

‘’Perlu perhatian dari pemerintah. Jangan sampai anak-anak yang sedang belajar terganggu karena terkena asap dari sampah yang terbakar,’’ kata dia, Rabu (24/7). 

Dikatakan, Dinas Lingkungan Hidup Kendal yang mengurusi persoalan sampah, supaya bisa menekan munculnya asap dan bau tidak sedap yang sering muncul tersebut.

‘’Kasihan anak-anak kalau saat belajar kerap mencium bau tidak sedap akibat sampah,’’ tuturnya. 

Kades Pagergunung, Ramandani menambahkan, selain asap, yang dikeluhan warga dan pengguna jalan, terkait bau tidak sedap yang berasal dari tumpukkan sampah yang menggunung. Asap dari sampah yang terbakar mengarah ke warga dan ke sekolahan. 

Kondisi itu sangat mengganggu pernafasan. Setelah hujan, bau yang ditimbulkan semakin menyengat.

‘’Saya berharap pihak terkait segera menangani bau yang ditimbulkan dari tumpukan sampah di TPA tersebut,’’ kata dia. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Sri Purwati, mengatakan, selain mengaduk-aduk sampah, pihaknya juga mendorong tumpukan sampah ke lahan di sekitarnya yang masih kosong.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

Ziarah Edukasi, Siswa Observasi Taman Makam Pahlawan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:01 WIB

PDIP Salatiga Bantu 1.000 Dosis Vaksin

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:34 WIB
X