Warga Rusunawa Kaligawe Butuh Tandu untuk Orang Sakit

- Rabu, 19 Juni 2019 | 09:48 WIB
Foto: suaramerdeka.com / M Khabib Zamzami
Foto: suaramerdeka.com / M Khabib Zamzami

SEMARANG, suaramerdeka.com - Warga Rusun Kaligawe yang menempati lantai atas berharap Pemkot menyediakan fasilitas tandu di setiap lantai. Hal itu mengingat akses antarlantai yang hanya menggunakan tangga biasa dan tidak disediakan lift.

Harapannya, dengan menggunakan tandu seperti yang tersedia di mobil ambulan dapat mempermudah warga saat hendak menurunkan jenazah atau orang sakit ke lantai bawah. Ketua RW XI, Eko Budi Sutiarto mengaku telah mengutarakan hal tersebut ke Dinas Sosial Kota Semarang sejak awal tahun 2019.

"Saat ada warga rusun yang meninggal atau sakit keras warga kerap kesulitan saat harus menurunkannya ke lantai bawah. Apalagi kalau ada orang yang harus segera mendapatkan pertolongan medis," ujar Eko saat ditemui Suara Merdeka di kediamnnya, kemarin.

Sementara untuk perlengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) tiap RT sudah tersedia. Dia mengatakan, permintaan tandu tersebut hingga saat ini masih belum ada kabar.  Pria paruh baya yang sehari-hari bekerja sebagai petugas honorer di Disperkim itu berharap permintaan tandu bisa segera terealisasi. "Menurut kabar, masih menunggu anggaran perubahan tahun ini baru bisa dianggarkan," ucap dia.

Selain tandu, Eko juga berharap Pemkot memberikan perhatian terhadap generasi muda penghuni Rusun Kaligawe. Diantaranya, dengan menggelar pelatihan keterampilan kerja, atau kegiatan lainnya. Dikatakannya, anak-anak yang menempati rusun tersebut kini telah menginjak usia remaja. Dikhawatirkan, jika tidak ada wadah yang bisa digunakan untuk menyalurkan bakat dan minat mereka akan terjerumus pada kegiatan negatif.

"Untuk anak muda, khususnya lulusan SMP dan SMA diharapkan ada pelatihan kerja, keterampilan dan lain-lain. Atau mungkin dari Balai Latihan Kerja (BLK) kota atau provinsi berkunjung ke rusun-rusun agar bakat dan minat pemuda rusun tersalurkan pada kegiatan positif," harap dia.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X