Iwan Fals Buka-bukaan Soal Lagu dan Cinta

- Minggu, 26 April 2020 | 06:39 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

KARIER Iwan Fals di dunia musik tak perlu diragukan lagi. Selama berkiprah di belantika musik Tanah Air sejak tahun 1975, ia sudah menelurkan 39 album. Cukup fenomenal. Lirik lagunya bervariasi, mulai kritik atas kondisi sosial pada masa itu hingga masalah percintaan. Bahkan, lagu untuk anak-anak dan istrinya juga ikut dibuat, sebagai tanda cinta kepada keluarga.

Lantas, Sophia Latjuba menyinggung lagu untuk Rosana, sang istri Iwan Fals, yang justru dipersembahkan pada 2018. Iwan menanggapinya kalau lagu untuk Mbak Yos, panggilan akrab Rosana, sudah lama akan dibuat.

Dia lalu bercerita, "Awalnya dari Raya. Dia bilang, aku dibikinkan lagu, kenapa Mama enggak. Sementara dari tokoh Bung Karno, Bung Hatta, Bento saja yang ga terlalu kenal, ada lagunya," tutur musisi dengan suara Fals tersebut.Berangkat dari situ, ia mulai mencoba menulis dan berpikir lagu yang pas untuk Mbak Yos yang sudah dinikahinya sejak 1980. Iwan pun meminta waktu untuk menyelesaikan lagu selama tiga tahun. Namun, permintaan itu diprotes lantaran dinilai terlalu lama. Pada akhirnya, lagu dalam album "Rosana" berhasil dirilis pada 2018. "Kebetulan saat itu saya dalam masa pemulihan setelah operasi tendon, nulis-nulis, ditemani Cikal, Raya, mamanya, akhirnya jadi album," tutur Iwan.

"Pernah dikomplain?" tanya Sophia.

"Hampir tiap hari, tapi bukan soal lagu, tapi taste" jawab Iwan Fals.

Sophia yang bertatap mata dengan Iwan Fals, dengan diselingi hidangan malam oleh seorang chef, juga melontarkan pertanyaan mengenai jodoh. Menurut Iwan, jodoh memang sudah ada yang mengatur. "Tapi jodoh itu tidak datang begitu saja, tidak ongkang-ongkang kaki, harus diperjuangkan," tuturnya.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Info Terbaru! Video Goyangan Seks Gisel dan Nobu

Minggu, 4 Desember 2022 | 06:43 WIB
X