Islam Mengecam Tindakan KDRT ‘Kekerasan Dalam Rumah Tangga’

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:18 WIB
Ilustrasi pasangan harmonis (Pixabay)
Ilustrasi pasangan harmonis (Pixabay)

SUARAMERDEKA.COM - Pada kesempatan kali ini pembahasan akan mengangkat tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dalam pandangan Islam beserta dalil dari Al Qur’an dan hadits Rasulullah SAW.

Sebagai penegasan, Islam sejak awal menolak segala bentuk kekerasan termasuk juga tindakan KDRT.

Artikel ini bertujuan sebagai muhasabah pada kita semua terhadap permasalahan KDRT sebagai tindakan yang dilarang dalam Islam.

Baca Juga: 5 Cara Bertengkar Sehat, Tanpa Perlu Selingkuh Apalagi KDRT, Reza Arap Rizky Billar Boleh Banget Baca

Allah swt telah menjadikan manusia berpasang-pasangan, pria dan wanita, dengan sebuah ikatan resmi yang disebut dengan pernikahan.

Allah swt juga memerintahkan setiap pasangan untuk hidup harmonis dalam berumah tangga. Pernikahan diciptakan bukan untuk memenuhi kebutuhan syahwat semata.

Ia diciptakan untuk membuat hati manusia tenteram, saling mencintai dan mengasihi dengan hubungan yang legal dan disahkan dalam Islam. Hidup berpasangan itu menyempurnakan kebahagiaan.

Baca Juga: Polisi Beberkan Hasil Visum Lesti: Bengkak di Lengan, Siku, dan Leher Hingga Alami Gangguan Fungsi

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surah Ar-Rum ayat 21 yang artinya:

@Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X