Pitutur: Witing Trisno Jalaran Saka Kulina

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:33 WIB
Ketua Umum MUI Jateng, Dr KH Ahmad Darodji MSi. (suaramerdeka.com/dok)
Ketua Umum MUI Jateng, Dr KH Ahmad Darodji MSi. (suaramerdeka.com/dok)

WEWARAH atau pitutur ini juga cukup populer, mungkin karena ada kata tresno yang berarti cinta. Artinya cinta terjadi karena terbiasa.

Kalau konteksnya dengan cinta maka umumnya para remaja berpendapat cinta tidak harus dimulai kulino atau terbiasa terlebih dahulu.

Cinta menurut mereka bisa datang pada pandangan pertama, love at the first sight. Tetapi kalau direnungkan, sesungguhnya cinta datang melewati proses tertentu sesudah pandangan pertama.

Pandangan pertama adalah saat ketertarikan yang dilanjutkan saling senyum, sapa, bertemu, baik itu secara fisik maupun lewat dunia maya (chating dan sebagainya).

Artinya ada proses menuju cinta. Proses atau pembiasaan diri itulah yang dimaksud dengan kata "witing" kependekan dari kata wiwiting. 

Wiwiting tresno jalanan soko kulino, bermulanya cinta atau awal cinta adalah karena terbiasa. Kembali ke maksud pitutur di atas. 

Sebetulnya  pitutur atau wewarah ini tidak dikhususkan untuk persoalan cinta antara lelaki dan perempuan.

Maksud lebih jauh dari pitutur ini mengajari kita bahwa untuk mencapai sesuatu hendaknya kita membiasakan atau mengkondisikan diri terlebih dahulu.

Mungkin kita menyaksikan perokok berat, dia sayang pada rokoknya tentu kita tahu bahwa dia begitu karena terbiasa. Begitu juga dengan penggemar kopi, pemain sepak bola, pejalan kaki dan yang lain.

Kalau kita ingin mencapai prestasi tertentu, misalnya ingin menjadi seniman atau olahragawan atau ilmuwan atau profesi apapun atau keinginan apapun kita mesti membiasakan diri dengan belajar dan berlatih.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyikapi Bencana Alam

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:47 WIB

Pitutur: Adoh Tanpa Wangenan Cedak Tanpa Senggolan

Jumat, 2 Desember 2022 | 11:19 WIB

Kiai Mukhlis Lesmana, Karya Tulisnya Tak Terpublikasi

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:42 WIB

Passive Income

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:52 WIB

Ini Pesan Habib Jafar Al Hadar untuk Generasi Muda

Senin, 28 November 2022 | 22:58 WIB
X