Grup Rebana di Jateng Ramaikan Najwa Fest 2022

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 20:09 WIB
Rektor UPGRIS Dr Sri Suciati membuka Najwa Fest 2022 yang diselenggarakan oleh UKM Rebana Nurul Asatidz UPGRIS di balairung kampus tersebut, Rabu 5 Oktober 2022. (suaramerdeka.com/dok Humas UPGRIS)
Rektor UPGRIS Dr Sri Suciati membuka Najwa Fest 2022 yang diselenggarakan oleh UKM Rebana Nurul Asatidz UPGRIS di balairung kampus tersebut, Rabu 5 Oktober 2022. (suaramerdeka.com/dok Humas UPGRIS)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah grup rebana di Jateng meramaikan gelaran Najwa Fest 2022 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rebana Nurul Asatidz Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Rektor UPGRIS, Dr Sri Suciati mengemukakan, gelaran festival ini diadakan sebagai bentuk apresiasi pihaknya dalam mengembangkan tradisi dan kesenian musik rebana.

"Ini sebagai apresiasi kami kepada kesenian musik rebana agar berkembang. Kami menilai, kesenian ini juga bagian dari sarana menanamkan pendidikan karakter kepada pelajar dan mahasiswa," kata rektor usai membuka festival ini di Balairung UPGRIS, Rabu 5 Oktober 2022.

Baca Juga: Bahas Hasil Riset, Tiga Profesor Luar Negeri Hadiri Konferensi Internasional UPGRIS

Najwa Fest digelar secara rutin oleh UPGRIS. Ajang ini memberikan kesempatan kepada kalangan pelajar maupun masyarakat umum untuk mengembangkan keterampilan dalam memainkan alat musik rebana.

"Kami hanya absen ketika masa pandemi. Kesenian ini memberi banyak hal positif, mulai dari kepantasan dalam berbusana, hingga pujian dan sanjungan yang ditujukan kepada Allah dan rasulnya," ujarnya.

Ketua Panitia Najwa Fest 2022, Muhammad Alfiandi mengatakan, festival ini melibatkan sejumlah ahli kesenian rebana dari beberapa daerah untuk ditunjuk sebagai juri.

Baca Juga: Implementasi Kurikulum Baru, Lulusan UPGRIS Dibekali Sertifikat Kompetensi

"Tim juri berasal dari Pati, Semarang dan Demak. Untuk kriteria penilaian, di antaranya vokal, penampilan dan aransemek musik," sebut Alfiandi.

Adapun grup yang tampil dalam acara ini antara lain :

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyikapi Bencana Alam

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:47 WIB

Pitutur: Adoh Tanpa Wangenan Cedak Tanpa Senggolan

Jumat, 2 Desember 2022 | 11:19 WIB

Kiai Mukhlis Lesmana, Karya Tulisnya Tak Terpublikasi

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:42 WIB

Passive Income

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:52 WIB

Ini Pesan Habib Jafar Al Hadar untuk Generasi Muda

Senin, 28 November 2022 | 22:58 WIB
X