Meneladani Keluarga Nabi

- Jumat, 30 September 2022 | 10:12 WIB
Dr Ummul Baroroh MAg. (suaramerdeka.com / dok pribadi)
Dr Ummul Baroroh MAg. (suaramerdeka.com / dok pribadi)

PADA bulan Maulid ini masyarakat kita disibukkan dengan kegiatan “muji Rasul,” sebagai bentuk ekspresi kecintaan mereka pada Rasulnya.

Di masjid-masjid dan rumah-rumah, masyarakat dengan gembira berkumpul untuk membaca riwayat hidup Rasulullah dan shalawat pada beliau setiap malam, yang pada umumnya berakhir pada tanggal 12 Robiul Awwal.

Inti dari semua kegiatan itu memperingati kelahiran tersebut adalah dapat mengambil suri tauladan dari semua perilaku dan akhlak beliau, baik dalam kedudukannya sebagai pemimpin masyarakat, imam dalam ibadah, dan kepala keluarga.

Dalam kondisi yang serba instan ini, hubungan keluarga seringkali terabaikan karena masing-masing memiliki kesibukan.

Seringkali kesibukan ini membuat hubungan antar anggota keluarga menjadi renggang dan tak jarang berakhir secara tragis, perpisahan antar suami dan istri.

Karena itu, dalam rangka menguatkan hubungan cinta kasih antar anggota keluarga ini kita perlu melihat bagaiman tuntunan kita, Kanjeng Nabi Muhammad, membeikan teladan yang nyata bagaimana hidup bersama dan bersikap terhadap keluarganya.

Karena itu, kita harus berusaha mengetahui apa saja yang dilakukan, cara bergaul terhadap istri atau istri-istrinya dan putra-putri, menantu, dan cucu-cucu beliau.

Semua itu dapat kita gali dari sirah Nabi, yang bersumber dari ayat-ayat a-Qur’an, hadits-hadits, yang telah ditulis oleh para ulama ahli tarih yang sampai kepada kita saat ini. Sirah tersebut disusun dalam bentuk karya ilmiah, esai/prosa, maupun syair.

Tentu saja juga riwayat kehidupan yang kita pada setiap malam selama bulan Robi’ul awal ini, yakni Barzanji dan Diba’.

Baagaimana Nabi bergaul dengan istrinya tercinta dapat kita simak dalam sebuah lagu yang beberapa waktu lalu lagi ngetrend, ‘Aisyah, salah satu istri beliau.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Pesan Habib Jafar Al Hadar untuk Generasi Muda

Senin, 28 November 2022 | 22:58 WIB
X