Pitutur: Sekti Tanpa Aji-aji

- Jumat, 30 September 2022 | 09:44 WIB
Ketua Umum MUI Jateng, Dr KH Ahmad Darodji MSi. (suaramerdeka.com/dok)
Ketua Umum MUI Jateng, Dr KH Ahmad Darodji MSi. (suaramerdeka.com/dok)

PITUTUR pada Jumat lalu berbunyi "Nglurug tanpa bala menang tanpa ngasorake" telah kita baca.

Sambungan pitutur diatas yang disampaikan kali ini berbunyi "Sekti tanpa aji-aji" yang berarti sakti tanpa menggunakan aji atau perangkat kekebalan apapun.

Wajar saja kalau orang ingin menjadi orang yang sakti, kebal terhadap hal-hal yang membahayakan atau merugikan dirinya, namun barangkali sudah menjadi bahan guyonan kalau saat ini orang masih mengandalkan benda-benda keramat seperti wesi kuning, lembu sekilan dan sebagainya untuk memberikan kekebalan tubuh maupun memperkuat penampilannya.

Kesaktian orang-orang dahulu seperti kita saksikan di film-film atau sinetron kini sulit untuk bisa dicerna di benak generasi penerus. Mereka lebih percaya pada gadget dan rasio.

Di era digital dan rasional ini, sakti yang kini lebih tepat kita artikan sebagai wibawa itu bisa diperoleh dengan kemampuan otak, penguasaan teknologi, penampilan yang menarik serta pendekatan yang menyenangkan. 

Kesaktian atau kewibawaan bukan diukur dari ilmu kanuragan dan kedigdayaan. Kesaktian diukur dengan penerimaan masyarakat kepada kita, dan itu kita peroleh karena sikap kita, ucapan kita dan budi pekerti kita.

Masyaallah ternyata  para sepuh sudah demikian arifnya memandang masa depan dengan mengajarkan kepada kita agar menjadi sakti tanpa mengandalkan aji, tanpa mengandalkan keturunan, tanpa mengandalkan kewenangan dan kekayaan.

Sejalan dengan hal itu sangat  tepat arahan mereka untuk berteman dengan semua orang dan tak bermusuhan dengan siapapun. 

Ingat ungkapan "aja golek mungsuh, mungsuh siji wae uwis kakehan, kanca sewu isih kurang".

Nah apa masih perlu aji-aji ? Mari kita baca sabda Nabi riwayat Imam Muslim, yang melarang kita tidak bertegur sapa selama tida hari (apalagi sampai bermusuhan) Sabda beliau  yang artinya:

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Pesan Habib Jafar Al Hadar untuk Generasi Muda

Senin, 28 November 2022 | 22:58 WIB
X