Bulan Rabiul Awal 1444 H Tiba, Inilah Keutamaan Bulan Maulid

- Selasa, 27 September 2022 | 17:34 WIB
Ilustrasi Rabiul Awal/Unsplash
Ilustrasi Rabiul Awal/Unsplash

SUARAMERDEKA.COM - Bulan Rabiul Awal adalah bulan ketiga disistem penanggalan bulan dalam Hijriah setelah bulan Muharram dan Safar.

Bulan ini seringkali dijuluki dengan sebutan bulan Maulid. Penyebutan itu karena dalam tradisi masyarakat Muslim di Indonesia.

Bulan Rabiul Awal sangat akrab dengan perayaan Maulid Nabi, sebuah momen teristimewa untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: PKB Protes Tak Ada Anggaran Untuk Pondok Pesantren di Kota Semarang

Menurut Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki dalam kitab Mafahim Yajib an Tushahhah, menerangkan bahwa peringatan dan perayaan Maulid Nabi Muhammad saw.

Adalah suatu bentuk tradisi yang baik terdapat di masyarakat, tidak tergolong sebagai bagian dari masalah ibadah yang dipersoalkan mengenai keabsahannya.

Bagi Sayyid Muhammad bin Alwi, ini justru merupakan sebuah kesempatan dan momen yang efektif untuk mendakwahkan teladan akhlak Rasulullah dan lebih meningkatkan pengetahuan dan kecintaan padanya.

Baca Juga: Begini Cara Konsumsi Ratu Rayap Si Banyak Khasiat, Pilih yang Putih Montok Ya!

Serta segala aspek yang berkaitan lainnya seperti sejarah kehidupan, perjuangan, bisnis, politik, strategi kepemimpinan, dan cara ibadah Nabi Muhammad saw

Oleh sebab itu, pada bulan Maulid ini, sangat baik dianjurkan untuk diisi dengan pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an, zikir, tahlil, kalimat thayyibah, dan juga sejarah dan perjuangan Rasulullah. berikut memperbanyak bersholawat.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

X