Masjid Raya Baiturrahman

- Jumat, 23 September 2022 | 05:00 WIB
Agus Fathuddin Yusuf, Wartawan Suara Merdeka, Sekretaris MUI Jawa Tengah dan dosen FISIP Univesitas Wahid Hasyim Semarang. (suaramerdeka.com/dok)
Agus Fathuddin Yusuf, Wartawan Suara Merdeka, Sekretaris MUI Jawa Tengah dan dosen FISIP Univesitas Wahid Hasyim Semarang. (suaramerdeka.com/dok)

WAKIL Presiden Prof Dr KH Ma’ruf Amin, Jumat Pahing 23 September 2022 bertepatan 26 Shafar 1444H meresmikan renovasi Masjid Raya Baiturrahman dan Penataan Bangunan Kawasan Pusaka.

Masjid yang terletak di jantung Kota Semarang menjadi bersinar dan berkilau kembali setelah dipercantik dengan dana hibah sekitar Rp 84 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Wapres juga meresmikan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah yang terletak tepat di sebelah utara masjid.

Bangunan kantor MUI yang lama dibangun pada masa kepemimpinan almaghfurlah Dr KHMA Sahal Mahfudh harus dibongkar total untuk menyesuaikan layout dan desain masjid sekarang.

Setidak-tidaknya ada tiga masjid besar di Kota Semarang yang sangat dikagumi umat Islam. Tidak hanya sekala Indonesia tetapi sampai dunia.

Masjid Agung Semarang (MAS) yang dulu bernama Masjid Besar Kauman Semarang (MBKS), Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajahraya Semarang dan Masjid Raya Baiturrahman Semarang, di Jalan Pandanaran 126, Simpanglima Semarang.

Cobalah anda iktikaf di Masjid Raya Baiturrahman barang beberapa menit saja sekarang. Ada kesyahduan dan kekhusukan yang masuk ke relung-relung hati.

Dari mulai masuk pelataran depan, tidak ada pagar pembatas yang menjulang tinggi hingga menutupi bangunan induk. Anda akan disambut dengan gemericik air mancur yang berwarna-warni dengan permainan cahaya lampu.

Tempat wudlu dan toilet antara jamaah pria dan wanita terpisah kanan dan kiri dengan sentuhan modern dan klasik.

Bila dahulu dominan warna hijau, maka sekarang lebih dominan warna coklat dan salem seperti halnya Masjid Agung Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Passive Income

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:52 WIB

Ini Pesan Habib Jafar Al Hadar untuk Generasi Muda

Senin, 28 November 2022 | 22:58 WIB
X