320 Ribu Bala Diturunkan, Inilah Amalan Rebo Wekasan yang Jatuh pada Rabu 21 September 2022

- Rabu, 21 September 2022 | 15:47 WIB
Ilustrasi. Amalan pada momen Rebo Wekasan yang Jatuh pada Rabu 21 September 2022. (pixabay)
Ilustrasi. Amalan pada momen Rebo Wekasan yang Jatuh pada Rabu 21 September 2022. (pixabay)


SEMARANG, suaramerdeka.com - Momentum Rebo Wekasan kali ini bertepatan dengan Hari Rabu tanggal 21 September 2022.

Rebo Wekasan merupakan istilah untuk ritual keagamaan yang lazim dilakukan pada Hari Rabu terakhir di Bulan Shafar yang kali ini bertepatan dengan Hari Rabu tanggal 21 September 2022.

Amalan Rebo Wekasan yang kali ini bertepatan dengan Hari Rabu tanggal 21 September 2022 ini sebagai bentuk ikhtiar meminta perlindungan atau keringanan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Ini Rencana Reza Arap dan Wendy Walters di Awal Pernikahan, Sebelum Kini Ramai Diisukan Selingkuh

Permohonan perlindungan tersebut dari berbagai macam bala, seperti malapetaka, kesialan dan lainnya yang diturunkan Allah SWT di Rabu terakhir bulan Shafar yang biasa disebut dengan istilah Rebo Wekasan.

Dirangkum dari berbagai sumber, menurut hikayat dari ulama ahli kasyaf, Allah SWT setiap tahun menurunkan 320.000 bala di Rabu terakhir Bulan Shafar atau istilah lainnya Rebo Wekasan.

Tradisi menjalani amalan ini diketahui sudah berlangsung sejak lama dan secara turun-temurun di kalangan masyarakat Islam di tanah jawa.

Baca Juga: Berdasarkan Survei, Ternyata Kripto dan Reksa Dana jadi Pilihan Investasi Favorit Para Millenial

Asal muasal amalan ini diketahui bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi (W 1151 H) dalam kitabnya yang berjudul "Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf'il 'Abid Wa Qam'i Kulli Jabbarin Anid" atau biasa disebut dengan nama Mujarrobat Ad-Dairobi).

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X